Friday, September 6, 2013

Tentang Film 10 Things I Hate About You (1999)



“But mostly I hate the way I don’t hate you. Not even close, not even a little bit, not even at all”
Katarina Stratford
 
Sebelumnya, saya tidak pernah tahu tentang film ini. Maklum, jarang nonton film romantic comedy (romcom) kayak gini. Dan karena gak sengaja pas liat full filmography-nya Heath Ledger disini, saya menemukan film ini. Karena judulnya yang cukup thought-provoking buat ditonton + ada Joseph Gordon-Levitt nya juga. Jadi penasaran ingin melihat si Joker dan Si Johny Blake (a.k.a Robin) di masa lalu.
 “10 Things I Hate About You” merupakan sebuah film adaptasi dari karya Shakespeare berjudul "The Taming of the Shrew". Film ini bercerita tentang kisah romansa dua kakak beradik Kat dan Bianca. Cerita nya si Cameron (Joseph Gordon-Levitt) naksir Bianca (Larisa Oleynik) cewek populer disekolahnya. Selain masalah persaingan dengan Joey Donner (Andrew Keegan), hal lain yang harus dihadapi Cameron untuk mendekati Bianca adalah kenyataan bahwa Bianca harus mengikuti peraturan Ayahnya yang overprotective. Bianca tidak boleh pacaran, pergi kencan, atau apapun itu sebelum kakaknya Kat (Julia Stiles) melakukan hal yang sama. Nah, masalahnya si Kat ini justru orang yang gak suka dengan hal-hal seperti itu. Dia tidak punya banyak teman bahkan cenderung dianggap anti-sosial. Akhirnya dengan akal-akalan Cameron dan temannya Michael (David Krumhultz), mereka mencoba memanfaatkan ketajiran Joey dengan membayar Patrick Verona (Heath Ledger) agar bisa mengencani Kat. Joey tentu mau saja karena dengan begitu dia bisa berkencan dengan Bianca.
Yang menarik disini buat saya adalah kisah si Kat dan Patrick. Saya suka karakter keduanya. Kat yang super cuek dan kayak udah ilfeel sama cowok ini memang bukan tipikal yang mudah untuk didekati. Begitupun dengan Patrick Verona, cowok yang juga cuek, urakan dan gak peduli sama hal disekitar. Seperti perpaduan yang pas. Bagaimana tingkah polah si Patrick yang dimotivasi uang agar bisa menaklukan hati seorang Kat. Yang paling diingat tentu kelakukan si Patrick di lapangan football saat menyanyikan lagu Can’t Take My Eyes of You. GILA! Begitupun dengan Kat yang juga pernah melakukan hal gila saat ia mencoba mengalihkan perhatian gurunya agar Patrick bisa kabur dari kelas. Seorang Kat ternyata bukanlah seorang yang anti-sosial sesungguhnya, ia hanya sedang membatasi dirinya saja karena kejadian di masa lalunya. Hingga ia menemukan orang yang ia percayai dan akhirnya jatuh cinta. Pun begitu dengan Patrick. Klise memang.


 Actually, premis yang ditawarkan film ini bukanlah hal baru. Simple. Sekolah, cinta, suka-sukaan, marah-marahan dsb jelas bukanlah hal tabu untuk film-film romcom seperti ini. Dan saat ini sudah banyak film sejenis yang juga memakai formula yang sama. But especially, buat film ini saya merasa enjoy ketika menontonnya. Filmnya ringan, romance-nya dapet, tidak berlebihan, dialog dan humornya juga OK. Faktor tahun film inipun menurut saya turut memberi andil terhadap kekuatan film ini. Sehingga cerita, suasana dan nuansa film ini menjadi satu kesatuan utuh yang cerdas.
Departemen casting-nya juga memberikan performa cukup apik untuk menghidupkan masing-masing karakter. Dan buat Heath Ledger (walaupun sudah tiada) saya suka aktingnya disini. Keren dan mengejutkan. Ada pula hal yang membuat saya tertawa geli disini. Ya, melihat si Joseph Gordon-Levitt yang terlihat masih kecil. Cupu dan culun. Haha.
Oh iya, kalau penasaran dengan yang apa dimaksud 10 Things I Hate About You, kita akan tahu jawabannya dibagian ending film ini. Waktu Kat membacakan tulisannya didepan kelas. Dan tentunya kita tahu isi tulisan itu untuk siapa.
Kalau dilihat saat ini, 10 Things I Hate About You” mungkin akan terlihat biasa saja. Tapi kalau coba melihat dari sisi tahun film ini dirilis, 10 Things I Hate About You”akan jadi film romcom yang enak buat ditonton. Apalagi buat remaja tahun 90-an, tentu akan jadi nostalgia tersendiri. Sebuah pilihan film romcom yang cukup reccomended.


2 comments

Anonymous said... Reply

Barusan aja nonton, insomnia gegara tesis...damn...i miss heath ledger...

Unknown May 4, 2019 at 12:16 PM Reply said... Reply

Tau film ini gara2 nonton drakor swp