Friday, May 16, 2014

Film yang (Mending) Gak Usah Ditonton

Film memang dibuat untuk ditonton. Tapi ternyata tidak semua film itu enak untuk ditonton. Ada beberapa film yang memang bukan konsumsi umum. Bahkan untuk beberapa kasus, ada film-film yang dilarang tayang di negara-negara tertentu bahkan di negara asalnya sendiri. Alasannya banyak, salah satunya adalah film-film tersebut mengandung banyak adegan kekerasan sadis, brutal dan menjijikan yang sangat mengganggu dan ditampilkan secara eksplisit. Ya, tanpa perlu dijelaskan lagi adegan2 seperti itu memang menimbulkan efek sendiri (disturbing). Entah itu ngilu, ngeri, mual bahkan sampai muntah. Tapi biarpun begitu, tipe film-film seperti itu punya fans-nya sendiri. Dan menonton film-film kayak begitu bagi mereka menjadi sebuah kenikmatan tersendiri.
Biasanya tipe-tipe film seperti itu berada di genre-genre horror dgn tema slasher, tortureexploitation, dsb. Basically, saya sendiri bukanlah penggemar horor, tapi tidak menutup kemungkinan untuk menonton film itu. Hanya saja, kalo (KATANYA) terlampau berlebihan dan melanggar batasan-batasan logika yang ada, saya cenderung menghindarinya. Masalahnya adalah ketika menonton film, saya cenderung terlalu serius menanggapinya. Jadi apa yang ada dalam film seolah-olah terpatri dalam otak saya. Jadi efek yang ditimbulkannya bisa bertahan lama dan bisa saja mengganggu walaupun disisi lain saya penasaran juga.
Berdasarkan pengalaman, ada yang lucu menurut saya. Jadi terkadang orang-orang suka terlalu hiperbolik dalam menilai sesuatu sehingga kadang yang dibicarakan tidak sesuai dengan yang kita saksikan sendiri. Saya ambil contoh lewat ‘The Exorcist’ dan ‘Saw’. Jadi dulu, menurut informasi yang saya dapat, ‘The Exorcist’ adalah salah satu film horror terseram sepanjang masa. Saya sempat mikir, mesti nyiapin mental yang cukup nih buat nonton film beginian. Apalagi saya terbilang jarang nonton film horror waktu itu. Ternyata pas udah ditonton, “ya begitu doang?” Bahkan gak usah nyiapin mental juga tidak bakal terjadi apa-apa. Hal ini juga berlaku buat ‘Saw’. Yang katanya teman-teman saya, ‘Saw’ adalah film paling sadis. Tetapi setelah saya menontonnya, tidak terlalu gimana-gimana. Bahkan saya sangat suka sama ‘Saw’ yang pertama. Satu lagi, semakin sering nonton film beginian tentunya akan semakin terbiasa. So?
Hal yang saya sebutkan diatas itu juga berlaku buat daftar film yang saya buat dibawah. Makanya saya minta maaf kalau judulnya terkesan melebih-lebihkan dan hiperbolis. Pada intinya, semuanya balik lagi sama persepsi dan selera masing-masing. Intinya, tidak semua film itu nyaman ditonton untuk semua orang. Makanya list random ini saya buat untuk orang-orang yang gak suka sama film yang kadar disturbing-nya tinggi. Ya, daripada pas udah ditonton nyesel, mending gak usah ditonton sama sekali. Tapi kalau masih penasaran dan menganggap judul ini lebay, buktikan dengan menontonnya sendiri.
P.S. Daftar berikut tentu bukan buat konsumsi fans film seperti ini. Karena film-film kayak gini sudah jadi makanan kalian, lebih gila justru lebih enak.

1.          The Human Centipede
Actually, inilah film yang membuat saya kepikiran buat bikin list ini. GILA! Itulah yang pertama kali terlintas di pikiran saya waktu tahu konsep The Human Centipede. Mendengar hal itu, imajinasi liar saya langsung mengawang tidak karuan. Membayangkan kegilaan yang terjadi dengan ide sintingnya Tom Six. Bagaimana tidak, kumpulan manusia digabung jadi satu seperti kelabang. Dilakukan lagi sama orang sinting yang super psiko. Caranya, tulang engsel lutut orang dipatahin biar jalannya merangkak, terus dihabisin semua giginya, kemudian mulutnya dijahit dan disambungin sama pantat orang didepannya, begitu terus sampai orang paling belakang.


Sampai saat ini, The Human Centipede telah memiliki dua film, ‘The Human Centipede: First Sequence’ (2009) & ‘The Human Centipede: Full Sequence’ (2011). Film pertamanya gak serem-serem amat seperti yg digembar-gemborkan. Makanya, si Tom Six, sutradaranya, dikritik abis-abisan dan melakukan balas dendam di film keduanya. Hasilnya, sebuah parade percobaan kelabang manusia yg super gila oleh seorang psikopat akut tingkat tinggi. FYI, di film pertamanya, percobaan kelabang manusia ini dilakukan pada tiga orang, sementara di film kedua percobaan dilakukan pada 12 orang. Gila kan? Bahkan film ketiganya nanti, ‘The Human Centipede: Final Sequence’ akan semakin gila. Menurut sebuah sumber yang saya baca, akan ada ratusan orang yang bakal jadi objek buat jadi kelabang manusia. What the hell are you doin’, Six?


2.        A Serbian Film (2010)
Beberapa review yang saya baca tentang film ini, hampir semuanya bilang bahwa filmnya Srđan Spasojević ini adalah film paling sakit, sadis dan menjijikan yang pernah ada. Dan memang begitulah adanya. Film yang juga punya judul “Srpski Film” ini menggabungkan kekerasan dan tingkat seksualitas yg cukup tinggi. Kekerasan dlm ranah seksual yang vulgar tapi juga sadis bahkan diluar logika (namanya juga film) dan melanggar batasan-batasan yang ada. Begitu banyak adegan disturbing disini, salah satunya adalah scene yg disebut orang sebagai ‘newborn’. What’s is newborn? Cari tahu sendiri aja deh!


3.        Salò, or the 120 Days of Sodom (1975)
Boleh jadi untuk ukuran film tahun 70-an, film ini adalah film yang sakit, bahkan mungkin sampai sekarang. Garis besar ceritanya tentang penguasa fasis yang menculik beberapa anak remaja kemudian disiksa dan diperlakukan secara tidak senonoh layaknya binatang. Salah satu film yang sangat tidak berperikemanusiaan. Kekerasan tingkat tinggi didalamnya membuat film asal Italia ini jadi kontroversial bahkan sempat di-banned dibeberapa negara. Tak hanya itu, karena ada tragedi dibalik film ini. Dimana Pier Paolo Pasolini selaku sutradara dibunuh secara tragis, hanya beberapa hari sebelum filmnya dirilis.


4.        Cannibal Holocaust (1980)
Lupa-lupa ingat, tapi waktu SD rasanya saya pernah nonton film ini bareng teman-teman. Dan gambar dibawah sudah cukup membawa ingatan saya akan film ini. Dari judulnya, kita sudah bisa menebak arah film ini akan kemana dan akan seperti apa. Salah satu tagline film ini yang berbunyi ‘The Most Controversial Movie Ever Made’ itu memang bukan sekedar bualan. Terbukti film ini dilarang di 19 negara termasuk negara asalnya sendiri, Italia.  Dan bukan hanya itu, karena banyak yang meyakini bahwa semua adegan di film ini benar-benar terjadi. Bahkan sutradaranya, Ruggero Deodato sempat ditarik ke meja hijau gara-gara tuduhan itu. Meski akhirnya ia bebas dari tuduhan itu. 

 
5.        Antichrist (2009)
Satu dari trilogi gak nyambung ‘Depression’-nya sutradara kontroversial asal Denmark, Lars Von Trier. Dari judulnya saja, film ini sudah thought-provoking dan bikin dahi menggernyit. Adegan-adegan di film ini juga masuk dalam kategori agak disturbing, terutama adegan torture porn-nya. Yang paling diingat tentu adegan-adegan yang ada di "Chapter Three: Despair (Gynocide)" dan "Chapter Four: The Three Beggars" dalam film ini.



6.        August Undergorund
August Undergorund adalah film rilisan Toetag Pictures. Film pertamanya ‘August Undergorund’ dirilis tahu 2001. Kemudian diikuti  dua sekuelnya yaitu ‘August Undergorund’s Mordum’ (2003) dan ‘August Undergorund’s Penance’ (2007).  Sama seperti yang lainnya, yang dijual dari ketiga film ini adalah eksploitasi kesadisan yang tingkat disturbing-nya cukup tinggi, menjijikan juga. Semakin sakit dengan konsep yang diterapkan film ini membuat setiap scene-nya punya kesan real ygn kuat. Seberapa sanggup anda bertahan nonton film ini?

 
7.         Guinea Pig
Guinea Pig adalah seri film horror jagal dan berdarah-darah asal Jepang sekitar tahun 1980-1990-an (wikipedia). Filmnya sendiri sudah memiliki tujuh seri. Konsep original film ini merupakan adaptasi dari manga karya Hideshi Hino yg juga bertindak sebagai produser filmnya. Seri keduanya yg berjudul ‘Flower of Flesh and Blood’ tahun 1985 disebut-sebut sebagai yang terbaik dan paling berdarah diantara yang lainnya. Tidak dianjurkan ditonton utk yang lemah darah.

8.        The Exorcist (1973)
Dari beberapa situs film yang saya baca, ‘The Exorcist’ juga masuk sebagai satu film yg adegannya cukup disturbing dan bikin ngeri. Disebut-sebut sebagai film horror terseram sepanjang masa dengan kontroversi yang menghinggapi film ini bahkan sempat dilarang tayang. Buat saya film ini punya kadar disturbing yang tidak terlalu parah. Tapi ada satu scene yg memang cukup melekat di ingatan dan lumayan bikin ngeri. Dimana seorang anak kecil, perempuan, tokoh di film ini, menusuk-nusuk kemaluannya pakai salib sampai berdarah-darah. Eeewwww banget! 

 
9.        Hard Candy (2005)
Akhir-akhir ini kasus kekerasan seksual dan pedophilia sedang marak di Indonesia. So, itulah alasan kenapa ‘Hard Candy’ masuk list ini. Jadi ceritanya, seorang anak perempuan umur 14 tahun berkenalan lewat chatting sama pria umur 30-an tahun. Lalu keduanya bertemu, kemudian si pria yang memang seorang pedophilia mengajak si anak ke rumahnya. Pertemuan yang harusnya bisa jadi menyenangkan malah berubah malapetaka buat si pria. Si anak perempuan berubah jadi sosok kejam dan memperlakukan si pria dengan cara yang terbilang cukup brutal. Film ini sebenarnya tidak mengandung adegan kekerasan yang berlebihan, walaupun masih ada yang masuk kategori disturbing. Dan sepertinya 'Hard Candy' bakalan jadi momok buat para pedophilia yang hobinya melakukan kekerasan seksual pada anak-anak dibawah umur, seperti yang terjadi sekarang-sekarang. Masih mau gak mereka melakukan hal itu setelah nonton film ini?
Nothing is yours when you invited a teenaged girl into your home” - Hayley


Sebenarnya masih banyak film diluar list diatas yang punya kadar disturbing tinggi dan menimbulkan efek-efek negatif sehabis ditonton. List diatas saya buat cuma sebagai sample saja. Untuk lebih lengkapnya bisa dilihat di situs-situs film yang memang punya daftar list Disturbing Movies. List diatas juga sudah saya bagi sesuai kadar disturbing-nya. Ada yang kadar disturbing-nya masih terbilang cukup seperti ‘Hard Candy’, ada yang sedang dan ada juga yang menurut saya kadarnya sangat tinggi dan parah seperti ‘A Serbian Film’. Dan seperti yang sudah saya bilang semuanya balik lagi sama penilaian masing-masing. Tapi yang pasti film-film yg punya begitu banyak disturbing scenes-nya, kalau gak kuat-kuat amat mending gak usah ditonton sama sekali daripada pas udah nonton malah menyesal.

11 comments

Bitcoin Gratisan May 6, 2016 at 11:25 PM Reply said... Reply

kurang seram gan.. ada film yg lbh ekstrim kh? yg bisa bikin pingsan kalo ada

Anonim May 9, 2016 at 5:22 AM Reply said... Reply

@muz:
Yg lebih serem? yg lebih mahal banyak. Hehe
Tingkat keseraman sebuah film emang menjadi relatif ketika kita sudah terbiasa dan hobi mengkonsumsinya. Termasuk tipikal film seperti ini. Intinya sih seperti yg tertera dlm paragraf terakhir.
Kalo judul lain, mungkin film Grosteque, Inside, Irreversible, Teeth, boleh dicoba.
Film2 asal Perancis dan Jepang juga banyak tuh yg ekstrim2.

Unknown June 9, 2016 at 2:23 AM Reply said... Reply

Matep postinganya gan

Unknown June 18, 2016 at 2:59 PM Reply said... Reply
This comment has been removed by the author.
Unknown August 8, 2016 at 7:07 PM Reply said... Reply

Jadi penasaran nih gan, hehehe maklum newbi. Btw bisa bantu link film2 diatas atau bisa beli dimana? Thx

Anonim August 9, 2016 at 12:25 AM Reply said... Reply

@satriya perdana:
Coba cari di ganool. Kalo nggak ada searching google aja lah.
Kalo beli, ya di tempat jualan dvd. Cuma sy agak kurang yakin ada atau nggak-nya. Agak jarang jg sih film2 kayak gitu.

Unknown August 31, 2016 at 12:57 AM Reply said... Reply

flowers of flesh and blood gan filmnya ngeri bro

Unknown October 16, 2016 at 7:52 PM Reply said... Reply

Izin bacot gann ques film ekstrim yg memperihatkan organ dalam tubuh dan full darah ceritanyaa

Anonymous said... Reply

yang paling serem itu film exorcist, gw dulu pernah nonton versi aslinya, sebelum lewat badan censored, gak kaya exorcist yang sekarang, banyak pemotonganya, kyanya exorcis yang ori udah ga ada lagi.

Oncom July 12, 2018 at 8:18 AM Reply said... Reply

Kalau kurang serem nonton NYA sendirian jam 12 tengah malam..pakai headset volumenya paling full.Kalau nontonnye rame2 atau siang2 ya kurang serem lah.

Giegie August 2, 2018 at 11:34 PM Reply said... Reply

Hampir smua dah tak tonton msh kurang trus....plg suka wrong turn tpi gda yg mirip2