Friday, March 10, 2017

Corat-Coret One Piece Chapter 858: Meeting


Sedikit trivia mengenai Color Spread. Color Spread kali ini bertema olahraga, lebih tepatnya American Football. Tema olahraga bukan yang pertama ditampilkan dalam Color Spread. Karena Oda sudah beberapa kali memakai tema olahraga sebelum ini, seperti basket, tinju dan voli. Kembali lagi ke Color Spread, bila diperhatikan kru SHP tampak dibagi menjadi dua tim. Pembagian ini didasarkan pada lautan tempat dimana mereka bergabung. Tim hitam terdiri dari Luffy, Zoro, Nami, Usopp dan Sanji. Kelimanya bergabung di East Blue. Sedangkan tim merah terdiri dari Chopper, Robin, Franky dan Brook. Keempatnya bergabung di Grand Line.
Selain pembagian tim, bila diperhatikan lagi, penomoran kaosnya didasarkan pada tanggal ulang tahun masing-masing. Luffy (55) = 5 Mei, Zoro (11) = 11 November, Nami (73) = 3 Juli, Usopp (41) = 1 April, Sanji (32) = 2 Maret, Chopper (24) = 24 Desember, Robin (26) = 6 Februari, Franky (39) = 9 Maret dan Brook (43) = 3 April. (ket. penulisan bulan ditulis terlebih dulu, baru kemudian tanggal).
Tidak banyak yang bisa diulas secara spekulatif pada chapter ini. Tapi secara umum, chapter ini menjawab beberapa pertanyaan yang menjadi kepingan puzzle dalam cerita, juga mengkonfirmasi beberapa spekulasi yg merebak di kalangan fans (selamat bagi yang tebakannya benar). Chapter inipun kembali menjadi ajang menghela nafas sebelum kekacauan yang akan terjadi di depan. Joke-joke khas One Piece pun kembali dimunculkan Oda kali ini. Tone arc WCI memang cenderung kelam dan serius, tapi untungnya Oda masih sempat menyelipkan moment bersenang-senang seperti kali ini (sebelumnya ada juga chapter 855).

~ Kue Pernikahan ~
Tim koki bajak luat Big Mom pimpinan Streusen sedang sibuk-sibuknya menyiapkan kue pernikahan. Kue pernikahan yang dipersembahkan bagi dua keluarga besar Big Mom dan Vinsmoke memang tidak boleh seadanya. Harus spesial dan istimewa. Tampaknya mereka juga bekerja keras membuatnya. Nama Streusen kepala koki BM Pirates sepertinya juga diambil dari salah satu jenis makanan, lebih tepatnya ‘Streusel’. Streusel berasal dari bahasa Jerman. Streusel adalah topping roti yang berupa remahan, dibuat dari mentega, gula dan tepung. Pada resep tertentu bisa juga ditambahkan susu atau kacang yang sudah dihaluskan.

~ Pekoms dan Sun Pirates ~
Loyalitas Pekoms pada Big Mom memang tak bisa diragukan. Ia merasa perlu memeriksa sendiri apakah Jinbe melakukan sesuatu seperti yang diharapkannya. Bahkan ia juga mencium bau tidak beres dari bajak luat matahari. Dalam percakapannya, Pekoms menyinggung tentang kargo dan paket yang semalaman lalu lalang dibawa orang-orang. Bajak laut matahari tentu saja terlibat dalam rencana dan pastinya mereka tak akan membiarkan Pekoms berlalu begitu saja. Mereka harus bisa menahannya, setidaknya sampai semua orang sudah bersiap dalam rencana, jika tidak, rencana tersebut bisa gagal.
Mengenai paket dan kargo, sepertinya hal tersebut merupakan selundupan dari pasar gelap. Mengingat Bege juga merupakan orang penting dari dunia bawah, rasanya hal tersebut bukan sesuatu yang mustahil. Spekulasi pertama yang paling mungkin adalah paket dan kargo tersebut berisi senjata yang memang sudah dipesan dan disiapkan untuk mengacaukan pesta teh kelak.

~ Calon Mempelai Lola ~
Flashback sebentar ke chapter 847, Big Mom saat itu merasa sangat tersinggung ketika Judge menanyakan keberadaan ras raksasa di Totto Land yang merupakan tempat dimana seluruh ras di dunia bisa hidup bersama. Dan hanya raksasa saja yang tidak ada disana. Lalu kepada kepada Luffy dan Nami, Big Mom juga sangat marah ketika Nami menyebut-nyebut nama Lola. Kemarahan Big Mom pada Lola adalah karena Lola lari dari pernikahan yang telah direncanakan. Pernikahan tersebut apabila terlaksana akan memberi kekuatan yang besar bagi Big Mom. Saking besarnya, menurut Big Mom kekuatan tersebut sanggup mengalahkan Yonkou lain (Shanks, Kaido, Shirohige), bahkan bisa membuatnya menjadi raja bajak laut. Terasa begitu ambisius memang namun keinginan itu justru pupus tatkala Lola melarikan diri dari pernikahan.
Saat itu masih belum diketahui siapa calon mempelai pria yang akan dinikahkan dengan Lola. Dan pada saat chapter 847 rilis, cukup ramai para fans yang berspekulasi mengenai siapa calon mempelai pria yang punya kekuatan untuk mengalahkan Yonkou tersebut. Ada yang menyebut Elizabello karena King Punch-nya sanggup menjatuhkan Yonkou, ada juga yang menyebut calon Lola adalah seseorang dari ras raksasa Elbaf (teori ini dicetuskan oleh RokushikiMaster). Sepuluh chapter kemudian yaitu chapter 858 ini, kebenaran terungkap. Ternyata benar, calon mempelai Lola adalah seseorang dari ras raksasa Elbaf, lebih tepatnya pangeran kerajaan Elbaf itu sendiri, pria yang bernama Loki.
Ada hal menarik dari pembicaraan Chiffon dan Nami yang tengah mandi. Selain karena pangeran Elbaf yang jatuh cinta lewat pandangan pertama pada Lola, menurut Chiffon, jauh sebelum itu Big Mom dan Elbaf sudah berseteru. Perseteruan ini tentu bukan tanpa alasan, kira-kira karena apa ya? Apakah karena kerajaan Elbaf punya relasi yang baik dengan Roger yang dibenci Big Mom? Atau ada alasan lain dalam perseteruan mereka?
Dengan menjalin pernikahan dengan kerajaan Elbaf, ada beberapa keuntungan yang akan diperoleh Big Mom. Pertama, perseteruan mereka sebelumnya otomatis akan mereda, terlebih yang ingin menikahi Lola adalah pangeran kerajaan, orang penting dari kerajaan tersebut. Kedua, tentunya hal yang paling diimpikan Big Mom yaitu kekuatan. Raksasa Elbaf tentu bukan raksasa sembarangan, mereka adalah prajurit-prajurit hebat, petarung-pertarung handal yang terkenal militan. Bahkan Usopp sangat mengidolakan mereka dan berharap bisa ke sana suatu saat nanti. Dengan menjalin kerjasama dengan kerajaan Elbaf lewat pernikahan, Big Mom akan memiliki pasukan terkuat yang sanggup membawa akses menuju negeri terkuat. Ya, bila saja ini terjadi kekuatan Big Mom memang mengerikan. Namun kenyataan yang berpihak lain.
Dengan batalnya pernikahan, otomatis tidak ada kerjasama antara kedua belah pihak. Kerugian jelas berada di pihak Big Mom, karena perseteruan mereka justru semakin memanas. Kekuatan besar yang diimpikan pun urung terwujud. Sudah jelas Big Mom sangat marah pada Lola dan menganggapnya pengkhianat. Kemarahan Big Mom memang mendasar. Dan yang menjadi korban dari semua ini adalah Chiffon, saudara kembar Lola. Maka menjadi semakin masuk akal ketika Chiffon lebih memihak Bege daripada ibunya sendiri. Hal seperti ini sepertinya juga terjadi pada Praline yang lebih memihak Aladin daripada ibunya. Ya, mau bagaimana lagi anak Big Mom terlalu banyak, jelas ia tak bisa memberi kasih sayang yang sama pada anak-anaknya, apalagi Big Mom bukanlah sosok ibu yang baik. Sudah jelas bahwa ada beberapa anak Big Mom yang merasa terkucilkan.

~ Aliansi ~
Aliansi yang terkesan dadakan akhirnya terbentuk. Atau setidaknya 90% aliansi ini hampir pasti terwujud. Walaupun sepintas terlihat kurang ideal karena masing-masing masih saling bersitegang, tapi tujuan dan alasan yang sama sudah cukup untuk membuat mereka bersatu. Seperti yang diduga, Jinbe jadi penengah diantara orang-orang gila ini. Tinggal menunggu rencana yang akan dikemukakan Bege. Dan BOOOM!!! Kekacauan pesta teh sudah menanti dalam hitungan jam. Tiga jam lebih dua puluh menit tepatnya.
Seperti yang sudah disinggung di awal, chapter ini memang ajang bagi pembaca untuk menghela nafas. Pemancing tawa lewat interaksi antar karakter dengan joke-joke khas yang sudah sangat langka akhir-akhir ini. Gigi Luffy yang tumbuh karena minum susu, ekspresi-ekspresi kaget yang khas, sampai yang paling nge-twist, kakak dari Bege alias Gangster Gastino. Hahaha. Selamat ya, buat yang minggu kemarin menebak orang disamping Bege adalah Caesar.

0 comments