Tuesday, April 26, 2016

Corat-Coret One Piece: Vs Four Emperors Arc


Beberapa waktu lalu, majalah Weekly Shounen Jump edisi 17 telah secara resmi mengumumkan bahwa One Piece akan membuka babak baru: Vs Four Emperors Arc. Dengan kata lain, petualangan Luffy dkk di Dunia Baru akan berhubungan dengan empat kaisar penguasa lautan Dunia Baru atau yang biasa disebut dengan Yonkou. Seperti kata Law, cara bertahan hidup di Dunia Baru hanya ada dua, berlindung dibawah payung Yonkou atau melawannya. Dan Luffy bukanlah kapten yang akan tunduk pada perintah orang lain, otomatis Luffy akan menentang para Yonkou. Straw Hat Pirate (SHP) pun telah menjalin aliansi dengan Trafalgar Law (Heart Pirate) untuk menjatuhkan salah satu Yonkou, Kaido.
Story Arc melawan para Yonkou ini jelas akan membuat One Piece semakin menarik. Karena semenjak Time Skip, plot One Piece belum menunjukkan kesan yang mendalam. Bisa dibilang arc Fishman Island, Punk Hazzard dan Dressrosa hanya berfungsi sebagai jembatan seraya menyebarkan kepingan puzzle untuk story arc ke depan. Zou bertindak sebagai titik awalnya. Dan melihat plot panjang yang telah dibangun semenjak Time Skip, Luffy dkk memang tinggal menunggu waktu untuk berhadapan dengan keempat Yonkou: Kaido, Big Mom, Kurohige dan Shanks. Luffy dkk sudah punya cukup alasan untuk terlibat dengan mereka.
Persaingan pie cherry dan daging di Pulau Jaya, secara tidak langsung telah membawa Luffy dan Teach pada sebuah rivalitas yang besar. Aroma dendam pun mengiringi konfrontasi kedua penyandang D ini. Kurohige adalah alasan terbesar kenapa Ace bisa tertangkap pemerintah dunia sampai akhirnya terbunuh di Marineford. Luffy tak akan lupa akan hal itu. Ditambah ulah Kurohige baru-baru ini terhadap Baltigo yang notebene adalah markas besar ayahnya membuat Luffy semakin geram. Tinggal menunggu waktu sampai SHP berhadapan dengan Kurohige. Walaupun masih sangat lama (IMO). Mungkin mereka akan berhadapan satu sama lain saat “Throne War” terjadi kelak.
Di Fishman Island, Luffy sudah terang-terangan menantang Big Mom sekaligus mengklaim Fishman Island adalah wilayahnya. Luffy juga sudah mengirim bom waktu yang siap meledak kapanpun walau ini terjadi secara tidak sengaja. Dan yang terbaru, undangan pesta teh Big Mom yang menyeret kokinya dalam perjodohan dengan putri ke-35 Big Mom, Charlotte Purin. Saat ini, Luffy sudah bertolak dari Zou menuju Whole Cake Island untuk menjemput Sanji. Niatnya sih bukan untuk bertarung melainkan hanya membawa kembali Sanji saja. Tapi siapa yang tahu. Memasuki wilayah Big Mom pun tidak mudah, mereka bisa saja langsung ditembaki saat itu juga. Big Mom mungkin menjadi Yonkou pertama yang akan dihadapi Luffy.
Kaido adalah Yonkou pertama incaran Luffy atas dasar aliansinya dengan Law. Garis takdir pun menuntun mereka untuk segera mengalahkan makhluk terkuat saat ini. Pertemuan Luffy dengan Law, samurai, ninja dan minkmen sepertinya memang sudah ditakdirkan. Puzzle yang dirangkai semenjak Punk Hazzard pun mulai menjurus ke satu nama ini. Kenyataan bahwa sekarang Wanokuni telah dikuasai Kaido yang juga telah membunuh sang raja turut membawa mereka pada permasalahan ini. Apalagi diketahui bahwa Momonosuke adalah anak Raja Oden dari klan Kouzuki. Menjadi cukup beralasan saat Momo dan Kin begitu terkejut mendengar nama Kaido yang diucapkan Law saat perjalanan menuju Dressrosa. Sebagai raja baru, Momo harus mengambil alih negaranya sekaligus menunaikan wasiat ayahnya. Aliansi Ninja – Bajak Laut – Mink pun terbentuk untuk menjatuhkan Kaido.
Aliansi Ninja – Bajak Laut – Mink dalam rangka menjatuhkan Kaido mengingatkan banyak orang akan cerita rakyat Jepang, Momotaro. Bila dilihat dari penggambaran karakter Kaido yang berbadan besar seperti raksasa, bertanduk, berambut panjang dan membawa sebilah gada sebagai senjata terlihat begitu mirip dengan penggambaran makhluk jahat bernama Oni. Dalam mitologi Jepang, Oni merupakan mahkluk kuat, jahat dan menakutkan yang membawa bencana bagi umat manusia. Dalam cerita ini, Momotaro akan melawan Oni dengan bantuan anjing, monyet dan burung pegar yang ditemuinya dalam perjalanan. Hewan-hewan tersebut merupakan nama atau simbol arah yang berlawanan dari arah timur laut. Timur laut sendiri merupakan arah pembawa sial dalam konsep budaya Tiongkok dan Onmoyodo sekaligus asal-usul penggambaran sosok Oni.
Dari sana sudah cukup jelas untuk menunujukkan bahwa tokoh Momotaro merujuk pada Momonosuke. Anjing merujuk pada Inuarashi (suku mink). Monyet merujuk pada Luffy. Dan burung pegar merujuk pada Marco the Phoenix. Seperti yang diketahui, tim aliansi telah dibagi menjadi empat, salah satunya adalah tim yang bertugas menjemput Marco, dipimpin Nekomamushi. Apakah ini sebuah kebetulan? Tentu tidak. Oda-Sensei adalah salah satu mangaka yang cukup referentif dalam menuturkan cerita manganya. Pertarungan besar sepertinya akan segera terjadi. Mungkinkah ini yang dimaksud Kaido sebagai perang terbesar abad ini? Apakah ia akan mati seperti keinginannya disini? Apakah “Throne War” akan terjadi dan menjadi  panggung kematian bagi Kaido?
Diantara keempat Yonkou, Shanks menjadi satu-satunya yang tidak terlibat masalah dengan Luffy. Shanks adalah bajak laut yang paling dihormati Luffy. Luffy ingin menjadi bajak laut juga karena Shanks. Lalu kenapa Luffy harus bertarung melawan Shanks? Alasan kenapa Shanks menitipkan topi jerami warisan Roger kepada Luffy selain karena mimpi Luffy menjadi raja bajak laut dan menemukan One Piece adalah karena Luffy juga berjanji suatu saat akan “mengalahkan” Shanks. Janji mereka untuk bertemu lagi setelah Luffy menjadi bajak laut hebat. Lagipula semenjak mengarungi Dunia Baru, Luffy memang sudah berencana menjatuhkan para Yonkou. Dengan catatan, Shanks bukanlah orang pertama. Aliansi dengan Law terjadi karena Yonkou incaran mereka bukanlah Shanks. Mungkin akan lain ceritanya bila Kidd yang menawari aliansi kepada Luffy.
Lalu akan seperti apa pertarungan Luffy dan Shanks? Apakah akan benar-benar terjadi? Atau Luffy hanya menyerahkan topi jeraminya dan Shanks menyerahkan kedudukannya? Dan seandainya benar terjadi, pertarungan antara Luffy dan Shanks mungkin akan menjadi salah satu pertarungan paling emosional yang pernah ada. Apalagi ada ayah dan anak yang saling bersebrangan juga akan saling berhadapan. Tapi siapa yang tahu. Kita lihat saja nanti. Lagipula definisi “mengalahkan” disini juga masih terasa ambigu. Tapi satu hal yang pasti, plot One Piece semakin kesini semakin menarik dan seru. 

0 comments