Saturday, February 11, 2017

Corat-Coret One Piece Chapter 855: Grrrrrooowwwlll!


Corat-Coret One Piece balik lagi setelah dua chapter absen. Karena ya.., beberapa waktu lalu ada sesuatu yang lebih penting untuk ditulis dibanding nulis Corat-Coret tidak penting ini. Jadi.., mari kita masuk ke Corat-Coret One Piece Chapter 855!!

~ Live Report from the Mirror World ~
Satu persatu anggota tim mulai berkumpul didunia cermin. Setelah Pedro, kemudian Nami dan Jinbe, dan sekarang Brook. Dunia cermin Brulee memang senjata makan tuan paling sempurna yang berhasil mengubah alur tujuan kedatangan Luffy dkk ke Whole Cake Island. Setelah sebelumnya hampir mustahil mengemban dua misi besar di markas bajak laut sekaliber Yonkou, perlahan tapi pasti tujuan tersebut mulai mendapat sisi terangnya. Dan hasilnya seperti yang terlihat di chapter ini. Terima kasih kepada Cho-Niki yang berhasil memanfaatkan kekuatan musuh demi keuntungan tim. Terima kasih juga karena Cho-Niki berhasil menjadi senior yang baik bagi sang junior, Carrot. Mengenai Big Mom yang sedang tertidur, sepertinya tidak perlu banyak cerita lagi. Satu hal yang pasti, bahkan ketika tertidur pun Big Mom masihlah sangat berbahaya. Level Yonkou memang lain dari yang lain.

~ Mission 1: Complete ~
Misi satu kali seumur hidup sukses besar. Seperti yang kita tahu, Road Poneglyph ini sangat diincar oleh para bajak laut. Dan keberadaannya sangat dibutuhkan untuk mencapai Raftel, untuk mewujudkan impian Luffy menjadi raja bajak laut. Apa yang dilakukan Brook merupakan prestasi luar biasa yang bisa disandingkan dengan  mengalahkan seorang komandan Yonkou. Peran Pedro sebagai pengalih perhatian juga layak diapresiasi. Bagaimana tidak, Big Mom menjaga tempat penyimpanan Road Poneglyph dengan sangat ketat. Tidak semua anggota bisa keluar masuk seenaknya ke tempat tersebut. Termasuk anak-anaknya. Misi ini memang sulit bahkan Brook sendiri tidak yakin bisa melakukannya untuk kedua kali tanpa melibatkan perang besar-besaran. Meski sempat kalah dan dijadikan mainan oleh Big Mom, Brook sukses menjalankan misi tersebut. Dan seperti yang sudah banyak diperkirakan, Brook menyimpan salinan Gyotaku di dalam tengkoraknya. Jangan tanya kenapa benda tersebut bisa masuk kepala!

~ Sanji! Hara Heta!! ~
Sudah sering Luffy mengucapkan kalimat akan jadi raja bajak laut. Sudah sering pula Luffy meneriakkan kata daging. Tapi ada satu kalimat lagi yang juga cukup sering diucapkan Luffy. Lebih spesifik, perkataan Luffy kepada Sanji, yaitu “Sanji! Hara Heta!!” (Sanji! Aku lapar!!). Mungkin ini bukanlah kalimat spesial tapi menurut saya kalimat ini memiliki nilai tersendiri dalam ikatan mereka berdua. Lebih dari sekedar aku lapar ingin makan. Ada nilai persahabatan, ada pula nilai kepercayaan sebagai teman disana. Karena itulah Luffy tak akan makan apapun selain masakan Sanji saat itu.
Terakhir kali kalimat itu terucap pada chapter 700 sebelum Sunny berlabuh di Dressrosa (CMIIW). Sudah lama sekali memang, bahkan dalam waktu kita, chapter 700 kira-kira keluar sekitar tiga tahun lalu. Lalu apakah kalimat itu akan keluar lagi chapter depan? Atau Luffy sudah terlalu lelah dan lapar untuk mengucapkannya? Tapi apapun itu, halaman terakhir chapter 855 menunjukkan sisi romantisme persahabatan anggota SHP.

~ What’s Next? ~
Chapter 855 kemarin adalah hiburan sekaligus ajang menghela nafas bagi pembaca setelah kita diperlihatkan cerita yang cenderung kelam sejak mengemban dua misi penting di WCI. Hiburan karena gambaran Oda kemarin menunjukkan ekspresi-ekspresi yang tak nampak di arc kali ini. Kita pun dibuat lega dengan keberhasilan Brook menyalin Road Poneglyph milik Big Mom, pun begitu dengan Sanji yang akhirnya mau menemui Luffy. Setidaknya, sebagai pembaca kita dibuat senyum sumringah untuk sejenak dengan kehadiran chapter 855 kemarin. Namun apakah perjalanan berhenti sampai disitu? Tentu tidak.
Pertama, Luffy dan Sanji belum bergabung dengan yang lain. Tujuan Big Mom untuk menghabisi keluarga Vinsmoke sudah diketahui Brook. Luffy dan Sanji pun sudah mengetahui akal bulus Purin. Lalu, apakah Luffy akan diam saja? Luffy bukanlah orang yang tidak tahu terima kasih. Reiju pernah menyelamatkan Luffy sebelumnya. Bagi Sanji sendiri, Reiju tetaplah saudara yang menolongnya walaupun Reiju berstatus sebagai anggota keluarga Vinsmoke yang dibencinya.
Kedua, kepentingan di WCI kali ini bukanlah milik Big Mom, Vinsmoke atau Luffy semata, ada juga Caesar dan Bege yang belum menunjukkan gelagatnya saat ini. Kalau dihitung (CMIIW), kira-kira Caesar sudah dua hari mengerjakan kelanjutan ‘Gigantic Project’ impian Big Mom dibawah pengawasan Perospero. Bagaimana hasil kerjaan Caesar selama dua hari terakhir? Di sisi lain, Caesar bukanlah orang bodoh yang tidak tahu mana yang untung atau tidak. Apakah mengerjakan proyek Big Mom merupakan keuntungan baginya? Di lain pihak, Bege memiliki misi tersendiri setelah menembak Pekoms. Bege adalah Supernova yang lekat dengan sosok mafia. Berkaca pada cerita-cerita mafia, orang-orang seperti Bege biasanya memiliki niat mengkudeta kekuasaan dengan cara masuk menjadi anggota dan mengikisnya perlahan dari dalam sebelum akhirnya merenggut tahta tersebut. Atau meskipun bukan kekuasaan yang ingin diraihnya, misi balas dendam juga bisa menjadi motif Bege saat ini. Karena bisa saja Bege berniat membalas dendam pada Big Mom atas kekalahan sebelumnya. Sementara dari pihak Big Mom sendiri, Bobbin sudah mulai bergerak dengan perannya sebagai pemecah masalah.
Perjalanan WCI masih setengah jalan, dari sini semuanya baru dimulai. Kekacauan apa yang akan terjadi di depan? Kejutan apa yang akan dibuat Oda selanjutnya? Kita lihat saja nanti. 

~ Next Cover Story ~
Mungkin ini sedikit out of topic. Tapi sy ingin sekali membahas ini. Salah satu hal yang membedakan One Piece dengan manga yang lain adalah One Piece memiliki Cover Story. Cover Story merupakan cara Oda menggambar kejadian di belahan dunia lain pada karakter tertentu diluar cerita utama. Kehadiran Cover Story ini menjadi alternatif efektif dlm menangkap sisi lain cerita One Piece yang luas dan kompleks. Tak jarang pula Cover Story menjadi awal cerita pada kejadian yang akan terjadi kelak di masa depan. Cover Story ini merupakan ciri khas One Piece yang tidak dimiliki oleh manga lain.
Berhubung sudah lebih dari sepuluh chapter tidak ada Cover Story, dan sepertinya dibawah lima chapter lagi akan ada Cover Story baru, saya punya sedikit tebakan mengenai Cover Story yang akan hadir selanjutnya. Berdasarkan ucapan mantan editor Sugita tahun lalu, dikonfirmasi pula pada JUMP FESTA 2016, bahwa di tahun 2017 ini WCI tinggal separuh jalan lagi. Sekaligus menjadi permulaan cerita untuk Reverie dan Wano. Mungkin Cover Story berikutnya juga tidak jauh-jauh dari Reverie dan Wano. Ada empat Cover Story yang mungkin dipakai Oda di Cover Story selanjutnya.
1.          Perjalanan Nekomamushi Mencari Marco
Cover Story ini akan terhubung dengan Wano. Aliansi Ninja – Bajak Laut – mink – Samurai dibentuk untuk mengalahkan Kaido. Nekomamushi bertugas mencari Marco sebagai tambahan kekuatan aliansi. Cerita ini rasanya menarik untuk diangkat menjadi Cover Story.
2.         Misi Fujitora
Cover Story ini berhubungan dengan Reverie. Fujitora mempunyai misi untuk mengajukan penghapusan sistem Shicibukai. Smoker pun punya pendapat yang sama. Tapi mungkinkah ini terjadi mengingat Fujitora dilarang menginjakkan kaki di markas besar oleh Akainu.
3.         Perjalanan G-5 Menuju Tempat Vegapunk
Anak-anak hasil percobaan Caesar tengah melakukan perjalanan menuju kediaman Vegapunk untuk disembuhkan dengan diantar G-5 dibawah pimpinan Smoker dan Tashigi. Kalau cerita ini dipakai mungkin kita bisa melihat wajah Vegapunk untuk pertama kali.
4.        Pencarian Markas Baru Pasukan Revolusioner
Di Reverie sebelumnya, pergerakan pasukan revolusioner menjadi salah satu agenda pembahasan. Belum ada yang tahu rencana mereka setelah pergi dari Baltigo. Tapi yang pasti pasukan revolusioner dibentuk sebagai pemberontakan terhadap pemerintah dunia. Reverie sendiri merupakan ajang pertemuan seluruh pemimpin dari belahan dunia yang diadakan pemerintah dunia.
Sebenarnya masih banyak peristiwa dan kejadian lain yang terjadi di dunia One Piece saat ini. Tapi menurut saya, keempat cerita tersebut punya kans tersendiri untuk dijadikan Cover Story. Apakah Cover Story berikutnya salah satu diantara keempatnya? Atau Oda memberi kejutan yang lain?

0 comments