Monday, November 17, 2014

7 Lagu Manis nan Romantis dengan Petikan Gitarnya


Diantara alat musik yang ada, gitar mungkin jadi instrumen yang paling sering dipakai orang-orang untuk bernyanyi atau memainkan musik. Simpelnya gitar itu instrumen yang paling mudah untuk dipelajari. Coba saja buktikan, lebih banyak mana orang yang bisa gitar atau piano?
Kalo kata orang sih, orang yang bisa apalagi jago main gitar adalah orang yang romantis. Benar atau tidaknya saya juga tidak tahu. Tapi sepertinya akan semakin romantis lagi kalau nyanyiin 7 lagu Indonesia dibawah ini. 7 lagu yang saya menurut saya punya nuansa manis nan romantis dengan petikan-petikan gitar dan lirik-lirik yang puitis.

1.          Sempurna – Andra & The Backbone
Kayaknya gak mungkin gak ada yang tahu lagu ini. Lagu manis nan romantis dari band yang pas awal terbentuk merupakan side project-nya Andra Ramadhan, gitaris Dewa 19. Dengan petikan gitar yang terasa nyaman didengar (meski pas pertama kali saya merasa mendengar Homesick-nya Kings of Convenience), lagu ini memang terasa spesial untuk band beraliran rock seperti Andra & The Backbone. Apalagi lagu ini punya lirik yang puitis banget. Sempurna. Seperti judulnya. Walaupun didunia ini tidak ada yang sempurna, namun siapa yang tidak meleleh ketika mendengarkan liriknya? Apalagi kalau dikasih kalimat seperti dalam film ‘Love Actually’. Ah, sudahlah...


Kau adalah darahku
Kau adalah jantungku
Kau adalah hidupku, lengkapi diriku
Oh sayangku kau begitu...
Sempurna

2.         Dewi – Alexa
IMO, Alexa adalah band chord E mayor. Karena hampir sebagian besar lagunya punya nada dasar E mayor. Haha. Tapi point-nya bukan itu. Karena lagu Alexa yang berjudul ‘Dewi’ ini masuk kriteria lagu manis nan romantis buat saya. Vokal dan petikan Gitar Satrio di chord E mayor (tuh kan!) melantunkan kata-kata seperti “Dengarlah! Kau dengar. Selama bumi berputar ku tetap milikmu” terdengar sangat manis. Punya kecengan, pacar atau pasangan namanya Dewi? Lagu ini memang paling tepat buat dia. 


Dewi, bukalah kedua matamu
Pandanglah ruang dihatiku
Dewi, berikan nafasmu untukku
Agar ku hidup bersamamu

3.         Karena Ku Sayang Kamu – Dygta
Dygta memang bukan golongan band yang terkenal sampai digilai fans layaknya Noah. Tapi juga bukan berarti band ini band jelek. Ya, bisa dibilang Dygta termasuk golongan band papan tengah di Indonesia. Dalam arti, meskipun tidak terlalu terkenal tapi mereka masih mampu menunjukkan sisi musikalitas mereka yang tak bisa dianggap remeh. Dengan konsep musik yang bisa dibilang sederhana, nuansa pop yang kental tapi punya lirik yang tidak kalah romantis. Menjadi salah satu kekuatan band yang sebenarnya sudah cukup lama berdiri ini. ‘Karena Ku Sayang Kamu’ adalah salah satu lagu favorit saya dari band ini. Dan memang tak bisa dipungkiri tingkat kemanisan liriknya. Pertama kali dengar waktu masih SD. Waktu zaman masih suka dengar dan request lagu di radio-radio lokal. Cerita lagunya sih, kalau meminjam istilah zaman sekarang, mungkin semacam LDR-an kangen gitulah. 


Ku tak akan pernah berpaling darimu
Walau kini kau jauh dariku
‘Kan selalu kunanti
Karena ku sayang kamu

4.        Bila Engkau – Flanella
Tidak beda jauh sama lagu Dygta diatas, lagu ini juga pertama kali saya dengar lewat radio. Hanya bedanya saya sudah tidak SD lagi aka sudah naik tingkat jadi SMP. Hehe. Dibawain band yang mungkin namanya kurang familiar ditelinga anak-anak zaman sekarang. Oh ya, lagu ini pernah dirilis ulang oleh Vagetoz. Namun bagi saya tidak lebih baik dari versi Flanella. Karena ‘Bila Engkau’-nya Flanella tetap yang paling punya kesan yang dalam. Setidaknya buat saya.


Bila engkau menerima cintaku
Aku akan setia kepadamu
Karena dirimu yang selama ini kucari

5.         Be My Lady – Sandy Canester
Satu lagu berbahasa Inggris dari seorang penyanyi solo Indonesia didebut albumnya. Punya lirik yang tidak kalah tingkat keromantisannya. Juga punya petikan gitarnya yang tidak kalah manis dari lagu-lagu yang masuk list ini. Butuh sesuatu untuk meyakinkan orang tentang cinta? Nyanyiin saja lagu ini! 


Be my lady, be the one
And great things will come to our heart
You’re my lady, you’re my one
Give me chance to show you love

6.        Asmara Nusantara – Budi Doremi
Well, Budi Doremi sebenarnya bukanlah tipikal penyanyi favorit saya. Namun entah kenapa, tak sengaja mendengarkan lagu ini di laptop teman membuat lagu ini terngiang-ngiang di telinga saya. Nadanya yang terkesan sederhana, cenderung pasaran malah. Namun punya lirik bernuansa LDR yang lain daripada yang lain. Yang justru membuat lagu ini jadi punya kesan yang lain pula. Wakatobi dan Raja Ampat memang jauh tapi itulah indahnya bercinta di Nusantara. Memang perlu perjuangan seperti pahlawan. Bukan begitu, Kak Budi?


Walau kini kau ada di Wakatobi
Ya jelas-jelas aku di Raja Ampat
Luasnya lautan memisahkan kita
Indahnya bercinta di Nusantara

7.        Karena Ku Tahu Engkau Begitu –Andre Hehanussa
      Lagu favorit saya di list ini. Dibawakan dengan syahdu oleh penyanyi lawas Andre Hehanussa. Petikan awal gitarnya mengingatkan saya pada lagu-lagunya Eric Clapton. Sebuah lagu yang benar-benar manis nan romantis dengan petikan gitarnya.


Bila saat nanti kau milikku
Ku yakin cintamu
Takkan terbagi, takkan berpaling
Karena ku tahu engkau begitu

Ya, itulah tadi 7 lagu Indonesia manis nan romantis dengan petikan gitarnya pilihan saya. Lagunya memang easy listening semua. Lagu yang tepat dikasih untuk orang tersayang. Diiringi pakai gitar. Didengarkan sendirian. Atau dinyanyiin sendirian malam-malam sambil mainin gitar.

0 comments