Wednesday, September 23, 2015

My Favorite Female Anime Characters

Selain suka nonton film, saya juga suka nonton anime. Maka dari itu, setelah kemarin sempat membahas tentang aktris favorit, saya merasa perlu untuk membahas karakter anime perempuan favorit juga, biar afdol. Kenapa yang dipilih karakter perempuan? Post sebelumnya juga perempuan kan? Aktris? YA, MASA LAKI SIH! Lagipula ini bukan tentang kualitas, peran atau apapun. Ini tentang seberapa besar daya tarik yang dimiliki karakter itu sendiri. Bisa karena penampilan fisik, bisa karena penokohannya, penggambaran karakternya atau apapun, yang pasti, yang menarik dimata saya. Dan inilah karakter anime perempuan favorit versi saya! Here they are!
Honorable MentionsNami, Nico Robin, Boa Hancock (One Piece), Kirisaki Chitoge (Nisekoi), Kiyoko Shimizu (Haikyuu), Lucy Heartfilia (Fairy Tail). 

#10 Kuroyukihime (Accel World)


Seperti yang sering disebut untuk menggambarkan karakternya, Kuroyukihime itu cantik, populer, seorang wakil ketua OSIS disekolahnya. Sosoknya kuat. Tatapan matanya tajam. Seorang level 9 Burst Linker. Salah satu dari 7 raja di dunia accelerate world. Pemilik rambut hitam panjang bergigi putih ini, kalau tertawa manis sekali. Begitulah adanya.

#9 Makise Kurisu (Steins;Gate)


Dalam anime Steins;Gate, Makise Kurisu digambarkan sebagai seorang peneliti di bidang syaraf yang sangat berbakat dan fasih berbahasa inggris. Jurnal ilmiah atas namanya telah banyak dipublikasikan. Meski digambarkan sebagai sosok yang dingin, ia sebenarnya memiliki sifat yang baik hati. Makise pun tidak sedingin karakter perempuan dingin pada umumnya, ia malah sering ribut, cekcok dan berselisih "tidak penting" dengan karaker utama, Kyoma yang suka memanggil Makise sekenanya. Mulai dari asisten, Christina sampai zombie. Makise ini tergolong sebagai karakter tsundere, salah satu tipikal karakter yang memang banyak disukai orang karena ke-khas-an karakternya.

#8 Erza Scarlet (Fairy Tail)


Erza Scarlet merupakan salah satu karakter terkuat di 'Fairy Tail'. Sang Putri Titania tampak kuat dengan baju besi yang sering dikenakannya. Kemampuan bertarung yang dimilikinya pun semakin menegaskan sosok kuat dalam dirinya. Sosoknya mungkin terlihat menyeramkan dimata orang-orang biasa (terutama di awal perkenalan), namun  sesungguhnya Erza memiliki kepribadian yang hangat dan bersahabat. Ia pun sangat peduli dengan teman-temannya. Dan dibalik baju besi untuk menunjukkan sisi kuatnya dimata orang lain, Erza masih memendam sisi rapuhnya sebagai seorang perempuan. Masa lalu yang tragis membentuk dirinya yang sekarang.


#7 Shirley Fenette (Code Geass)


Di 'Code Geass', nama CC ataupun Kallen Stadtfeld mungkin banyak disebut orang sebagai karakter perempuan yang diidolakan. Namun dimata saya, nama Shirley Fenette-lah yang muncul di garda terdepan. Karakternya yang periang, ceria dan "perempuan sekali" cukup menarik perhatian disini. Meksi tidak menjabat sebagai karakter utama, kehadiran Shirley di 'Code Geass' mempunyai peran yang cukup penting terhadap plot yang ada. Apalagi ia digambarkan sebagai sosok love interest bagi sang karakter utama, Lelouch.

#6 Akame (Akame ga Kill)


         Anggota Night Raid berjuluk ‘Akame of the Demon Sword Murasame’ ini memiliki sikap yang dingin. Sama seperti wajahnya yang juga menampakkan aura yang sama. Sama dinginnya ketika ia menghunuskan pedang pada lawannya. Meskipun sering menampakkan kesan dingin yang kental tapi wajah Akame itu juga memunculkan sisi ‘lucu’ disaat bersamaan. Dan dia jago sekali masak. Di episode awal, pemilik Teigu Murasame berambut hitam ini sering sekali bilang, Musnahkan! sebelum menebas musuhnya.

#5 Misaki Mei (Another)


Sosoknya yang terlihat misterius, dingin dan seolah tak terlihat oleh orang-orang di sekitarnya kecuali Kouichi membuat saya mengira Misaki Mei adalah hantu yang jadi legenda disekolahnya. Secara namanya juga Misaki. Namun ternyata bukan. Siswi kelas 9-3 ini sering sekali menutup sebelah matanya yang membuatnya semakin terlihat misterius. Cara berbicaranya seringkali datar, ekspresinyapun demikian. Jarang sekali ia memunculkan emosi yang membuncah. Ia masih saja terlihat dingin bagaimanapun keadaanya. Tapi justru disitulah daya tarik terbesarnya.

#4 Tsugumi Seishirou (Nisekoi)



Menjadi karakter perempuan terfavoirt dalam anime Nisekoi walaupun dia bukanlah karakter utama. Tsugumi digambarkan sebagai karakter yang tomboy. Seringkali berdandan ala pria bahkan dia dianggap sebagai pria oleh mereka yang belum tahu. Tsugumi merupakan sosok perempuan tangguh dan mandiri. Ia dilatih sebagai pembunuh profesional dibawah arahan mafia kelas kakap. Meski begitu Tsugumi tetaplah seorang perempuan yang memiliki sisi rapuh dan feminin dengan caranya sendiri. Tingkahnya yang malu-malu mau atau saat ia sedang salah tingkah menjadi hiburan tersendiri dalam kisah Nisekoi. Kesetiaannya pada Kirisaki Chitoge tak perlu diragukan, ia sangat loyal pada sang putri. Selain itu, Tsugumi juga pintar masak. 

#3 Touka Kirishima (Tokyo Ghoul)


Touka merupakan pelayan berparas menarik di kedai kopi Anteiku. Seorang ghoul dengan bentuk kagune paling keren diantara yang lainnya. Seorang ghoul yang bisa beradaptasi dalam kehidupan manusia normal. Di kehidupan manusianya, Touka terlihat seperti perempuan biasa seumurannya. Ia bersekolah, belajar dan berteman selayaknya manusia biasa. Sebagai seorang ghoul, Touka adalah sosok yang kuat dan prinsipil. Karakternya sebenarnya baik, agak sedikit dingin, cenderung galak malah (terutama untuk orang yang ia pedulikan), tapi mempunyai daya tarik yang besar dari gestur, bahasa tubuh dan mimiknya. Itu yang saya rasakan ketika ia muncul pertama kali. Dan jangan sekali-kali membuat dia marah, karena dia bisa berubah menjadi sosok yang menyeramkan. 

#2 Erina Nakiri (Shokugeki no Souma)



Cukup banyak karakter perempuan yang menarik dari 'Shokugeki no Souma'. Sebut saja Alice Nakiri, Ryoko Sakaki, Arato Hisako sampai Mito Ikumi. Namun diantara nama yang ada, Erina Nakiri menjadi yang paling bersinar diantara mereka. Namanya cukup disegani karena kemampuan memasaknya yang hebat. Siswa yang dijuluki 'Lidah Dewa' karena kemampuan perasanya yang tiada tanding ini menempati peringkat 10 dalam jajaran Elite Ten Council di Tootsuki. Sosoknya sedikit sombong dan terkesan merendahkan orang lain. Tapi meski begitu, tak jarang ia menunjukkan rasa pedulinya pada orang-orang disekitarnya. Walau seringnya Erina terlalu gengsi untuk mengakuinya. Kepribadian Erina yang angkuh sebenarnya tidak terjadi begitu saja, ada sosok yang selalu menghantui yang perlahan merubah senyuman Erina.

#1 Mikasa Ackerman (Attack on Titan)


Sangat mudah bagi saya menentukan siapa yang berhak mendapat peringkat pertama dalam deretan karakter anime perempuan favorit saya. Saya tidak bisa memikirkan nama lain lagi selain Mikasa Ackerman! She’s the best. The one and only. Secara fisik, perawakannya ok, wajahnya juga cantik. Dan yang pasti dia itu keren (Ini penting!). Aura misterius yang kental dan kentara dalam setiap gerak-geriknya yang dingin, begitu melekat dengan image-nya. Kuat namun masih tetap menyisakan sisi feminisme dibalik kerapuhannya sebagai seorang perempuan. Terkesan angkuh dan cuek namun dibalik sikapnya itu, ia mempunyai rasa empati, peduli, perhatian dan kasih sayang yang besar, terutama untuk orang-orang yang berharga dalam hidupnya. Ia bahkan rela mati untuk mereka. 

0 comments