Upss,
sudah lama sekali blog ini vakum alias sudah lama saya tidak nge-post. Tak
terasa tahun 2017 sudah berlalu, sekarang sudah tahun 2018 saja. Dan
sebagaimana tahun yang sudah-sudah, di awal tahun memang selalu ada daftar film
terbaik yang telah dihimpun sepanjang tahun sebelumnya (walaupun agak
telat). Tak banyak sebenarnya film yang saya tonton tahun kemarin (rasanya
semakin tahun kuantitas nonton semakin turun), tapi sisi positifnya, saya jadi
lebih selektif dalam memilih film yang akan ditonton.
Hasilnya,
ternyata memang banyak film yang berkesan meski kuantitas sedikit. Mungkin itu
pula yang membuat daftar tahun membengkak menjadi 20 (dua puluh0, bukan sepuluh seperti
tahun-tahun sebelumnya. Lumayan susah juga ketika ingin menjadikannya dalam urutan
sistematis seperti ini. Sampai akhirnya selesai, dan saya puas dengan ini.
Perlu ditekankan lagi bahwa terbaik di sini tentu sifatnya sangat subjektif dan
personal. (keterangan lebih lanjut, baca
post daftar film terbaik sebelumnya)
Seperti
biasa, ada beberapa film yang memang tidak sempat ditonton seperti 'A Taxi Driver', ‘I, Tonya’,
‘Lady Bird’, ‘Call Me by Your Name’ atau ‘Three Bilboards Outside Ebbing,
Missouri’ (dan beberapa film 'worthed' lainnya). Jadi, sudah dipastikan jika film-film
tersebut tidak akan masuk list. Dan, oh
ya, untuk film terjelek tahun ini? Hmm.., ‘The Emoji Movie’! So, buat yang pernah nonton, selamat
karena anda telah membuang waktu anda yang berharga. Hahaha.
Karena
daftar film ini ada 20 (dua puluh) jadi tidak ada daftar honorable mentions. Karena itu, langsung saja, inilah 20 film
terbaik tahun 2017 versi sy.
#20
Pengabdi Setan (Joko Anwar)
Seperti
kehadiran ‘The Raid’ bagi film action
Indonesia, seperti itu pula keberadaan ‘Pengabdi Setan’ bagi wajah film horor
Indonesia. Standar baru bagi para sineas yang ingin bermain-main di area ini.
#19
Split (M. Night Shyamalan)
Shyamalan is back! Kembali bermain di zona yang
melambungkan namanya, sang raja plot twist tak menyia-nyiakan kisah
kepribadian ganda ekstrim dengan cerita yang begitu intens. Ditambah bonus akan
penyatuan dengan karya lamanya.
#18
It (Andres Muschietti)
Keberadaan
para bocah dengan chesmistry
meyakinkan menjadi daya tarik terbesar bagi ‘It’. Pun begitu dengan kehadiran
Pennywise modern yang akan menghantui rasa takutmu.
#17
The Lost City of Z (James Gray)
Memang
tidak pernah ada jalan yang mudah. Apalagi perjalanan mengejar mimpi, dan
membungkam mulut penuh kenyinyiran dengan bukti nyata. Perjalanan berat yang
realistis.
#16
The Killing of a Sacred Deer (Yorgos Lanthimos)
Dongeng
modern tentang balas dendam yang mempertanyakan keadilan sejati. Mencengkram. Absurditas penuh adiksi.
#15
A Ghost Story (David Lowery)
“Kau sebut apa aku? Horor? Bukan,
aku bukan horor. Dan aku datang bukan untuk menakutimu. Aku hanya seseorang
yang telah mati, yang memandangi kehidupan dari sudut kematian.”
#14
The Salesman (Asghar Farhadi)
Drama
pasutri yang sepintas terasa sederhana, namun lambat laun mulai menunjukkan
taring ketegangan. Dibasuh isu-isu berdaya relevansi tinggi yang akan membuatmu
turut ambil bagian memberi persepsi.
#13
The Battleship Island (Ryoo Seung-wan)
Bahkan
di tengah dentuman bom, bisingnya senapan, gelimpangan mayat dan kekacauan
dalam neraka dunia berwujud perang, sineas Korea Selatan masih saja lihai
menunjukkan sensitivitas tinggi.
p.s. saya baru tahu ternyata film
ini dibintangi Song Jong-ki, shishishishi
#12
Blade Runner 2049 (Dennis Villeneuve)
Tentang
humanisme. Tentang eksistensi. Perjalanan laun penuh kesunyian akan hal itu.
Dibuai audio-visual yang meditatif.
#11
Wonder (Stephen Chbosky)
Kenyataannya,
dunia selalu bergerak didekatmu. Entah jika itu menyudutkanmu atau sebaliknya,
meninggikanmu. Kau harus menyelesaikannya, bahkan untuk hal yang tidak kau
mulai.
#10
Baby Driver (Edgar Wright)
Karena
film hiburan tak selalu datang lalu pergi tanpa bekas. ‘Baby Driver’ adalah film
paling menghibur tahun ini. Duduk manis saja, lalu nikmati pedal gas yang
berpacu dengan musik dan romantika muda mudi yang kasmaran.
#9
Marlina Si Pembunuh dalam Empat Babak (Mouly Surya)
Feminisme
yang kental perjuangan dibalik gersang dan eksotisnya Sumba. Didukung
penampilan memukau Marhsa Timothy yang menaikkan level dimensi aktingnya.
#8
Get Out (Jordan Peele)
Sentilan
diskriminasi ras yang jadi pesan tak lantas menjadikannya urung tampil keras
sebagai sajian horor-thriller. Justru menambah kekayaan yang akan membuatmu candu.
#7
Okja (Bong Joon-ho)
Satir
akan kapitalisme, konsumerisme, politik pencitraan dan begitu tamaknya mahkluk
bernama manusia. Dihantarkan dengan lugas, lucu, getir namun penuh kehangatan
dibalik persahabatan bocah manis dan seekor babi super.
#6
Mother! (Darren Aronofsky)
Pernah
dengar jika film ini merupakan interpretasi dari salah satu part dalam alkitab, tapi saya tidak tahu
pasti. Yang jelas ‘Mother!’ adalah kegilaan manusia fana yang haus akan
sanjungan dan puja-puji insan lainnya.
#5
Dunkirk (Christopher Nolan)
Cita
rasa baru sebuah film perang. Meski bukan yang terbaik darinya, perjalanan
non-linear tiga babak yang dikemasnya akan tetap membuatmu terkagum dengan
karya barunya ini.
#4
The Shape of Water (Guillermo del Toro)
Romantika
fantasi kelam yang menghantarkan kisah cinta tak biasa yang tak berbatas. Laksana
air, mengalir, hangat, puitis.
#3
Coco (Lee Unkrich)
Sial!
Pixar melakukannya lagi, lagi dan lagi untuk ke sekian kalinya. DAMN! I LOVE
IT!! Siapkan tisu yang banyak!!!
#2
Silence (Martin Scorsese)
Berujar
dalam tentang keimanan. Terlepas dari satu agama yang dijadikan dasar cerita,
Scorsese menantangmu merenungkan kesetiaan pada Tuhanmu.
#1
La La Land (Damien Chazelle)
Film
tentang hidup, mimpi, cinta dan cita yang akan membuka matamu lebar-lebar sembari
berbisik,
“Inilah hidup! Realita yang harus
terus berjalan meski itu bukan inginmu!”
2 comments
Paling demen sih sama spit. Gila akting tokoh utamanya sih keren banget.
Buat film lokal tentu suka sama garapannya Bang Joko Anwar dengan Satan Slave (Judul internasionalnya) a.k.a Pengabdi Setan. Horror indonesia makin kesini makin bagus :D
شركة عزل خزانات بالقطيف
شركة عزل اسطح بالقطيف
شركة مكافحة النمل الابيض بالقطيف
Post a Comment