Wednesday, December 26, 2012

Senandung Untuk Ibu


Beberapa hari lalu, ada sebuah hari dimana semua hal bertemakan tentang ibu. Ya, hari yang jatuh pada tanggal 22 Desember ini dikenal sebagai hari ibu. Sehingga tak heran banyak sekali hal dihari itu yang bertemakan ibu dan banyak pula orang yang memperingatinya.
Terlalu mainstream juga sebenarnya nulis tentang hal ini, apalagi moment-nya sendiri udah lewat. Tapi menurut saya hari itu hanyalah sebuah hari dan mungkin saja tak berbeda dengan hari-hari lainnya. Tapi cerita tentang hal itu sendiri selalu ada walaupun bukan pada harinya. Tapi pada dasarnya, mau ada hari ibu ataupun tidak, hari ibu tanggal berapapun tak akan merubah segalanya. Karena ibu tetaplah ibu. Dan hari yang orang bilang itu adalah hari ibu, maka mungkin itu hanyalah sebagai simbol saja. Karena yang terpenting adalah apa yang kita lakukan dan berikan untuk ibu kita. Hanya hati kitalah yang mampu menjawabnya.
Ibu. Hanya satu kata sebenarnya, tapi artinya sungguh besar bagi kehidupan. Ya, siapapun sudah tahu kalau sosok yang satu ini adalah sosok yang sangat berarti bagi setiap orang didunia ini. Perjuangan, pengorbanan, kasih sayang dan semua kebaikan terlukis jelas dari sosoknya. Tak heran kalau ada istilah bahwa surga berada ditelapak kaki ibu, saking besarnya jasa seorang ibu. Dalam sosok seorang ibu-lah, kita menemukan arti cinta sesungguhnya. Cinta yang sangat murni, karena rasa cintanya yang tak terhingga, tulus tanpa mengharapkan balasan apapun.
Jasa seorang ibu memang sangat besar. Perjuangan serta pengorbanan seorang ibu untuk anaknya tak akan terhitung dan tak akan pernah terbalaskan. Seorang ibu rela terluka, sakit dan menderita demi anaknya. Seperti kata ‘Iwan Fals’ dalam ‘Ibu’, ribuan kilo berjalanpun bahkan sampai harus berdarah, rela seorang ibu lakukan untuk anaknya walau banyak rintangan datang menghadang.
Kasih sayang seorang ibu memang tak terbatas. Tak bisa diukur dan mungkin tak pernah ada ujungnya. Apa yang ia berikan takkan lekang ditelan usia dan masa. ‘Cokelat’-pun berujar tentang hal ini lewat ‘Tak Berujung’.
Kebersamaan dengan seorang ibu adalah hal terindah sekaligus berharga. Hal ini tak mampu tergantikan dengan apapun didunia ini dan akan menjadi sebuah kenangan paling indah yang tak akan pernah bisa terlupakan. Mungkin hal ini sangat disadari oleh ‘Potret’ yang bersenandung lewat ‘Bunda’.
Kerinduan terdalam tak ada yang bisa menandingi selain kerinduan terhadap seorang ibu. Kerinduan akan sosoknya yang penuh cinta dan kehangatan selalu memberi kita ketenangan tak terkira. ‘Opick’-pun mencurahkan kerinduannya kepada seorang ibu dalam ‘Satu Rindu’.
Ibu memang sosok yang agung. Namanya sendiri terukir indah dalam hati setiap manusia dan menempati tempat tertinggi diatas segalanya. Sosok seorang ibu yang meneduhkan itu membuat band rock ‘Jamrud’-pun jadi terlihat lembut saat mengungkapkan rasa hormatnya yang tinggi pada seorang ibu dalam ‘Untuk Ibu’.
Pesona seorang ibu selalu memberi kekuatan pada kita yang terkadang salah arah kala berjalan mengarungi kehidupan. Memulihkan kembali jiwa kita yang terkadang goyah menjalani hidup dengan ketegarannya menghadapi dunia. Pesona seorang ibu akan selalu menemani kita sampai semua ini berakhir seperti yang ‘Ada Band’ bilang dalam ‘Pesona Potretmu’.
Doa. Mungkin itulah salah satu yang bisa seorang anak lakukan kepada ibunya, seperti kita-kita ini. Karena sudah jelas-jelas kita gak akan mampu membalas semua yang pernah diberikan ibu kita kepada kita. Doa yang tulus bisa jadi adalah hal paling real dan konkret sebagai perbuatan yang paling mungkin bisa dilakukan. Bahkan sebuah hadits-pun mengungkapkan kalau doa seorang anak kepada orang tuanya adalah perbuatan yang pahalanya akan terus mengalir tanpa pernah berhenti. Hal ini bisa jadi melandasi ‘Ungu’ menuliskan sebaris doanya untuk seorang ibu dalam ‘Doa Untuk Ibu’. Begitu juga 'Sheila on 7' yang mendedikasikan salah satu lagunya untuk seorang ibu lewat 'Just For My Mom'.
Hal-hal diatas mungkin hanya sebagian contoh betapa sosok ibu itu sangat, sangat, sangat berarti. Mereka-mereka diatas adalah orang-orang yang mencoba mencurahkan isi hatinya pada sosok seorang ibu lewat kata-kata yang dituliskannya dalam bentuk lagu. Dan menurut saya, tak ada satu halpun didunia ini yang dapat menggambarkan betapa besar kasih seorang ibu. Bahkan kata-kata yang diukir dengan sangat indah yang dibalut dengan nada-nada yang sangat indah dan dibuat oleh semua seniman-seniman terbaik yang ada dibumi ini takkan mampu melukiskan besarnya kasih seorang ibu. Terlihat seperti berlebihan memang, tapi memang kenyataannya seperti itu. Karena kasih seorang ibu memang sangat besar untuk kita. Dan yang lebih hebatnya lagi adalah tak ada seorangpun ibu yang meminta balasan apapun atas kasih sayang yang ia berikan selama ini.

Mom is my hero. The real superhero.
Mom is my idol. Mom is everything.
Mom is mom. 
I’m sorry, mom!
Thanks, mom! For all, For everything.
And...
I love U, mom!

0 comments