Friday, January 18, 2013

Ini Untuk 2013 Saya


Tahun 2013 udah jalan beberapa hari... Gak kerasa udah ganti tahun aja, padahal perasaan baru kemarin ketemu sama 2012. Kalau diinget-inget lagi cukup banyak hal di 2012 yang terlewatkan begitu aja, cukup banyak pula kejadian yang gak ingin dialamin malah dialamin. Kadang ngerasain sesuatu yang sesungguhnya gak pernah benar-benar terjadi dan berhenti gitu aja tanpa pernah benar-benar diakhiri. Drama...!!!
Dan...??? Ok! Itu masa lalu... yang bisa jadi cuma sepenggal kisah yang terjadi dalam kehidupan di tahun kemarin. Kalo ngutip kata-kata seorang vokalis sih gini: ‘Masa lalu itu harus dikenang, tapi jangan dijalani’. Mungkin ada benarnya juga sih. Dikenang? Mungkin untuk mengingatkan kita aja sih ya. Jangan dijalani? Mungkin jangan sampe kejadian itu berulang lagi seperti kita menjalaninya dulu apalagi kalau itu adalah kejadian yang bikin kita pengen garuk-garuk tanah (ngapain juga yah?)
Berhubung saya adalah orang gak terlalu peduli dengan kebiasaan orang-orang tiap kali ganti tahun dengan segudang resolusi tahunannya. Tahun 2013 inipun saya mulai dengan gitu-gitu aja, gak ada terget apa-apa (sebenarnya salah gak sih kayak gitu?), kayak tulisan yang satu ini yang jujur pas bikin gak jelas banget juntrungannya.
Tapi setelah berpikir dan berpikir, sembari nginget-nginget lagi apa yang terjadi di tahun lalu. Saya mulai mencoba berkata pada diri sendiri bahwa tahun ini saya harus punya persiapan untuk menjalani setiap hari-harinya. Jadi gak banyak waktu yang kebuang gitu aja. Ya, moga aja hari-hari yang dijalani di tahun ini tuh punya makna dan manfaat, minimal buat diri sendiri, syukur-syukur buat orang lain. Amin... Karena mungkin akan ada banyak hal-hal gila yang nanti akan dijumpai ditahun ini. Dan berharap bisa fokus sama diri sendiri yang masih berstatus mahasiswa (baru nyadar berstatus mahasiswa. Kemarin-kemarin? Kemana aja?). Dan kayaknya tahun ini akan lebih sibuk dibanding tahun sebelumnya. Saya harus sangat menyadari hal ini agar gak kejadian lagi kayak semester–semester sebelumnya yang udah ketahuan hasilnya gimana. Gara-gara kurang serius hasilnyapun banyak yang nanggung. Kayak buang air besar tapi gak keluar-keluar, mau udahan gak nyaman, mau lanjut gak enak pula, serasa ada yang ngeganjel gitu. Haha.
Fokus kuliah. Ya benar, mungkin itulah hal paling realistis dalam hidup saya untuk tahun sekarang. Walaupun tentu masih banyak hal lain pula yang harus saya lakukan. Tapi mungkin kuliahlah yang paling utama. Saya harus balik lagi jadi mahasiswa yang baik dan benar. Jadi mahasiswa yang benar-benar mahasiswa. Serius lagi ngikutin alur perkuliahan yang kadang juga bikin kita lupa akan semangat kita buat kuliah. Saya pernah baca sebuah keluhan teman di fb-nya, kurang lebih dia bilang gini ‘kuliah itu kayak diperkosa, kalo gak sanggup ngelawan, ya coba nikmatin aja, walaupun agak terpaksa ntar juga kerasa koq nikmatnya’. Gila juga nih orang ngibaratin kuliah ampe segitunya. Tapi kayaknya ada benarnya juga sih. Karena alasan orang kuliah itukan macem-macem, ada yang terpaksa, sekedar formalitas, pengen eksis, gak ada kerjaan ato udah bener niat kuliah tapi nyasar di jurusan yang salah yang akhirnya bikin semua jadi berantakan. Kalimat diatas mungkin (sekali lagi mungkin ya!) bisa jadi obat pemicu kita buat gerak dan gak nyesel lagi (Tapi inget itu hanya sekedar pengibaratan, jangan sampe pengibaratannya itu yang justru dilakuin. Nenek bilang, itu BERBAHAYA!). Apalagi kuliah itukan mahal, kasian orang tua kita yang udah cape-cape ngebiayain, sayang aja gitu. Karena yang terpenting dalam hidup inikan adalah ketika kita bisa menikmatinya. Kalo kita udah menikmati, apapun yang terjadi, semuanya pasti jadi enak, malah pengen nambah (makan kali nambah).
Well, walaupun tulisan ini terdengar agak gimana gitu, tapi yang jelas ini gak ada maksud apa-apa koq. SUMPAH! Tulisan ini saya buat untuk mengingatkan saya aja sih kalau-kalau suatu saat saya lupa dengan apa yang pernah saya pikirkan sebelumnya tentang tahun ini. Ya biar tahun ini gak kayak nasi yang udah didiemin beberapa hari alias BASI.
Bismillahirrahmanirrahim....

0 comments