Friday, December 23, 2016

Corat-Coret One Piece Chapter 850: Ray of Hope



Chapter penutup tahun 2016 ini benar-benar shocking moment banget! Ternyata bukan Rangga yang jahat, yang jahat itu Purin, saudara-saudara! Shishishishi.
Mari lupakan sejenak hegemoni Om Telolet Om, kita beralih dulu pada satu sosok perempuan yg semenjak kemunculannya sy merasa perlu memanggil Mbak Poppy sang pakar micro expression untuk mengungkap jati diri dia yang sebenarnya. Sosok perempuan yang dicalonkan sebagai mempelai koki favorit kita semua, putri ke-35 dari bajak laut Yonkou Big Mom, Charlotte Purin.
Pada corat-coret chapter 828, sy sempat menulis sprti ini, "Tapi jika Purin benar-benar berbohong dan ternyata ia orang jahat, maka ia telah menunjukkan performa akting kelas wahid. Dan pastinya, menghancurkan semua perasaan laki-laki yang mempercayainya." 22 chapter berikutnya (lebih tepatnya chapter 850 ini), kebenaran pun terungkap. Apa yang ditakutkan pun benar-benar terjadi. Mata ketiga yang ditutup-tutupinya selama ini mengungkap jati diri yang sebenarnya.
Identitas Purin memang mulai dipertanyakan semenjak chapter 828 dirilis, apakah Purin berkata jujur atau berbohong. Apakah purin orang baik atau orang jahat. Dua opsi tersebut terus bergulir mengiringi jalannya kisah di Whole Cake island. Sy adalah orang yang ingin mempercayai Purin dan menyangkal tindak-tanduknya sebagai sebuah kebohongan, walau sejatinya masih menyisakan kecurigaan. Bahkan di akhir chapter 848, saya menyebut air mata Purin sebagai sebuah pengorbanan yang tulus dari seorang yang ingin dicintai (sempat sy tulis di twitter). Ketika di akhir chapter 849 melihat Reiju terluka, sy tetap ingin menyangkal kebohongan Purin. Dan akhirnya, BOOMMM!!! Akting Purin benar-benar kelas wahid (patut diganjar Oscar nih!). Yohohoho. Lebih meyesakkan lagi, karena Purin adalah ujung tombak dari semua rencana yang telah disusun Big Mom untuk menunaikan semua ambisinya. Mungkin banyak para pria disana yang kecewa. Bahkan Sanji begitu terluka telah mempercayainya. Satu hal yang sy pelajari dari sini adalah kita tidak boleh langsung percaya pada air mata seseorang. Bisa jadi itu adalah air mata kepura-puraan yang ditunjukkan pada orang-orang untuk menutupi jati diri sekaligus niat aslinya. Jadi intinya, JANGAN LANGSUNG PERCAYA PADA AIR MATA SESEORANG!! OK!! Shishishishi.
Sebagai pembaca One Piece, sy merasa ada saatnya kita membuat spekulasi berlandaskan teori tentang apa yang akan terjadi pada cerita selanjutnya. Pun sebaliknya, ada saatnya kita berhenti berspekulasi dan berteori, dan membiarkan sang mpunya menguraikan cerita yang ditulisnya. Itulah yg saya lakukan beberapa chapter terakhir. Maka tak heran bila setelah chapter 844, sy berhenti menulis Corat-Coret One Piece di blog sebagai tempat biasa menulis berbagai gagasan tentang cerita One Piece. Bukan karena apa, sy hanya merasa sudah saatnya menikmati sensasi yang akan Oda berikan lewat ceritanya. Lagipula arc Whole Cake Island sudah setengah jalan.
Membiarkan Oda menjelaskan sendiri arah ceritanya serta melepaskan semua belenggu hasrat untuk berspekulasi dan berteori, menyimpan rapat-rapat segala pertanyaan dan rasa penasaran untuk selanjutnya langsung dijawab oleh Oda sendiri berimbas baik pada kenikmatan membaca. Buktinya, chapter 850 ini, yang jelas-jelas membuat SHOCK berat. Sekali lagi, Oda menunjukkan tajinya sebagai seorang pencerita ulung. Sekali lagi, kita ditunjukkan salah satu alasan kenapa kita menyukai One Piece.
Pesta teh akan terjadi hanya dalam hitungan jam. Si kapten marah besar sampai tak peduli harus kehilangan tangannya. Semoga keajaiban datang dari rusa manusia dan kelinci dari dunia cermin. Telur dan jaguar tengah bernostalgia dalam pertempuran. Sementara sang tengkorak hidup tengah dihadang Mama dan anaknya si kaki panjang. Pangeran yang terluka. Putri yang berdusta. Dua keluarga berkekuatan besar dalam ikatan ketidakpercayaan. Sang mafia belum terlihat lagi batang hidungnya. Misi tersembunyinya bisa saja merubah alur perjalanan. Pun begitu dengan si hiu biru yang juga belum terlihat lagi setelah bermain roulette. Bom waktu tinggal menunggu waktu. Perjalanan sudah separuh dijalankan. Kekacauan akan segera terjadi. Jangan sampai terlewatkan.

Trivia:
Mengenai bounty Tamago dan Pedro sebenarnya adalah Tamago = 429 juta berry dan Pedro 382 juta berry. Bento yang disiapkan Sanji untuk Purin merupakan kumpulan makanan favorit anggota SHP (minus Brook). Seperti edisi sebelumnya, WSJ kali ini juga double issue yakni issue #4-5, artinya minggu depan tidak akan bertemu chapter One Piece lagi. Sampai jumpa tahun 2017 bersama penghabisan Whole Cake Island, Reverie dan permulaan negeri para samurai, Wano.

0 comments