Thursday, January 15, 2015

Film dengan Ending Tragis

Salah satu keberhasilan sebuah film yang bisa membuat penontonnya terkesan adalah ending-nya. Karena ending selain sebagai tanda berakhirnya film, ending juga bisa memberi persepsi yang lain bagi penontonnya. Ending juga tidak hanya terbatas pada happy ending atau sad ending saja. Sekarang-sekarang bentuk ending yang dihadirkan semakin banyak dan bervariasi. Malah ada ending yang justru menimbulkan misteri dan pertanyaan, sehingga menarik untuk dijadikan bahan diskusi.
Post kali ini, saya mau sedikit share tentang film yang menurut saya punya ending yang tragis. Tragis disini memang sifatnya subjektif, jadi diluar sana sebenarnya masih banyak film yang mempunyai ending yang tak kalah tragis. Saya telah me-list 10 (sepuluh) film yang menurut saya punya ending tragis.  Oh ya, untuk memberi kenikmatan menonton (bagi yang belum), disini saya berusaha agar tidak memberi rincian dimana dan bagaimana moment tragis itu terjadi. Jadi, mending ditonton sendiri saja!

1.     The Boy in the Striped Pajamas (2008)

  
Directed by : Mark Herman
Starring : Asa Butterfield, Vera Farmiga
Plot : Anak salah satu pimpinan NAZI yang kesepian menjalin persahabatan dengan seorang anak yahudi. Persahabatan mereka berdua berjalan cukup baik, sampai suatu saat si anak yahudi meminta bantuan kepada si anak NAZI untuk mencari ayahnya yang hilang.

“Ini adalah salah satu film dengan ending paling tragis yang pernah saya tonton.
Saya selalu tak berhenti merasa sesak setiap kali menonton atau bahkan memikirkan film ini. Sebuah pemandangan yang begitu memilukan”

2.    The Orphanage aka El Orfanato (2007)
 


Directed by : J. A. Bayona
Starring : Belén Rueda, Roger Princep, Fernando Cayo
Plot : Seorang ibu kehilangan anaknya secara misterius. Segala daya dan upaya telah ia lakukan untuk menemukan anaknya. Sembilan bulan berlalu, anaknya masih belum ditemukan.

“Sama halnya dengan ‘The Boy in the Striped Pajamas’,
‘The Orphanage’ juga terlalu menyesakkan untuk diingat”

3.    Hunger (2008)


Directed by : Steve McQueen
Starring : Michael Fassbender
Plot : Aksi protes para simpatisan Republik Irlandia yang ditahan pemerintah Inggris di penjara Maze semasa konflik ‘The Troubles’ berlangsung.

“Keseluruhan moment di film ini buat saya merupakan hal tragis.
Sebuah potret kehidupan penjara yang begitu mengiris iba”

4.   Seven Pounds (2008)

 
Directed by : Gabriele Muccino
Starring : Will Smith, Woody Harrelson
Plot : Rasa bersalah menghantui seorang pria yang tanpa sengaja telah menewaskan 7 orang termasuk istrinya dalam sebuah kecelakaan.

“Penebusan dosa lewat cara yang ekstrim.
Diakhiri sebuah moment yang tak kalah tragis”

5.    Eden Lake (2008)


Directed by : James Watkins
Starring : Kelly Reily, Michael Fassbender, Jack O’Connel
Plot : Dua anak manusia yang menjalin kasih memilih sebuah danau sebagai tempat menghabiskan waktu berdua. Namun bukannya suasana romantis yang mereka dapatkan, hal-hal tak terduga bermunculan ketika segerombolan remaja tanggung mengacaukan acara liburan mereka.

“Manusia hanya bisa berusaha.
Tapi apa yang akan terjadi didepan... Kita takkan pernah tahu”

6.   The Mist (2007)


Directed By : Frank Darabont
Starring : Thomas Jane, Marcia Gay Harden
Plot : Sebuah kota tiba-tiba diselimuti kabut tebal yang diisi makhluk-makhluk mengerikan. Sekumpulan orang berlindung didalam sebuah supermarket dan mencoba bertahan hidup dari serangan-serangan makhluk ganas tadi.

“Seandainya lebih sabar menunggu,
(mungkin) moment tragis itu takkan pernah terjadi”

7.    Oldboy aka Oldeuboi  (2003)


Directed by : Park Chan-Wook
Starring : Choi Min-sik, Yu Ji-tae, Kang Hye-Jong
Plot : Seorang pria tiba-tiba menemukan dirinya terkurung dalam sebuah ruangan tanpa sebab yang pasti. Setelah dua puluh tahun, si pria tersebut dibebaskan begitu saja tanpa sebab yang pasti pula.

“Dosa kecil di masa lalu,
 bisa menjadi hal besar di masa depan”

8.   Arlington Road (1999)


Directed by : Mark Pellington
Starring : Jeff Bridges, Tim Robin
Plot : Duda satu anak mencurigai tetangga barunya yang dianggap teroris. Namun tak ada satupun yang mempercayainya, termasuk sang pacar. Dan kecurigaan yang terus memuncak menuntun si duda pada sebuah perjalanan.

“Kecurigaan terlalu mendalam
justru menyebabkan sesuatu yang tak pernah terduga sama sekali”

9.    Buried (2010)


Directed by : Rodrigo Cortes
Starring : Ryan Reynolds
Plot : Supir truk dari perusahaan kontraktor Amerika terjebak dalam sebuah peti yang terkubur di tanah Irak. Berbekal zippo, alat tulis dan handphone low-battery, ia berusaha keras untuk bisa keluar dari gelapnya peti tersebut.

“Kuncinya adalah pantang menyerah dan jangan putus asa”

10. Into the Wild (2007)


Directed by : Sean Penn
Starring : Emili Hirsch, Vince Vaughn, Kristen Stewart
Plot : Seorang pemuda yang lelah dengan kehidupannya, membuat keputusan ekstrim dalam hidupnya. Meninggalkan semua kehidupan nyamannya dalam sebuah petualangan pencarian diri.

“Kepalsuan dunia membatasi jiwa manusia sebagai makhluk bebas.
Dalam dua sisi yang selalu menjadi pertanyaan: realistis atau idealis”

+++

The Amazing Spider-Man 2 (2014)


Directed by : Marc Webb
Starring : Andrew Garfield, Emma Stone, Jamie Foxx, Dane DeHaan
Buat penggemar komiknya, kematian Gwen Stacy memang sudah diprediksi akan terjadi disini. Namun buat kalangan awam, kematian Gwen tetaplah sesuatu yang tragis. Lebih memilukan lagi, karena yang sebenarnya terjadi adalah (FYI) alasan Gwen Stacy mati bukan karena kepalanya kejeduk lantai. Melainkan karena jaring spiderman yang menarik tubuh Gwen terlalu kuat, sehingga menyebabkan tulangnya patah. Hal ini merujuk kepada komiknya yang juga mempunyai alasan kematian yang sama, cuma lokasinya saja yang berbeda. Coba lihat lagi tubuh Gwen yang begitu melengkung saat ditarik spiderman. Dan kalau memang karena kejeduk lantai, kenapa darah yang keluar cuma sedikit? Itupun keluar dari hidungnya.

0 comments