Monday, January 5, 2015

Daftar Film yang (Saya) Tunggu di 2015

2014 telah berlalu dan mari kita jelang 2015 dengan seabrek film yang telah menanti. Film-film yang hadir di 2015 juga tidak kalah mentereng dibanding 2014. Bahkan menurut saya lebih ramai daripada sebelumnya. Akan banyak film baru hadir di 2015, baik film dengan ide yang baru, adaptasi, sekuel, remake ataupun reboot. Sutradara-sutradara jempolan juga banyak mengisi spot untuk merilis filmnya di 2015. Film-film besar peraup pundi-pundi dolarpun bertebaran di 2015 ini. Adakah yang anda tunggu?
Meneruskan tradisi awal tahun di blog ini, saya kembali iseng membuat daftar film yang jadi most anticipated movies di 2015 (tentunya versi saya sendiri). Dan berikut 15 film yang menurut saya layak ditunggu kehadirannya.

1.          Inherent Vice (Paul Thomas Anderson)
Paul Thomas Anderson adalah sekian dari sutradara yang mampu mempertahankan kualitas filmnya. Memang saya belum nonton semua film PTA, tapi tak dipungkiri dari beberapa film PTA yang telah saya tonton, saya sadar PTA itu bukan sutradara biasa. Maka tak berlebihan kalau ‘Inherent Vice’ yang merupakan karya terbarunya menjadi film yang saya tunggu. P.S. Karena saya belum nonton film ini tahun lalu, jadi saya memasukkan ‘Inherent Vice’ dalam daftar ini. 


2.        Fifty Shades of Grey (Sam Taylor-Johnson)
Jauh sebelum rencana rilisnya tepat di hari valentine nanti, ’50 Shades of Grey’ memang sudah menimbulkan banyak kontroversi. Bahkan bukunya juga tak kalah kontroversial. Saya juga tidak tahu kenapa memasukkan film ini dalam list, tapi yang pasti trailer film ini menempati urutan teratas sebagai trailer film yang paling banyak ditonton (setidaknya sampai saat ini). Dengan kata lain, banyak orang yang penasaran jugakan? Sekontroversial apakah kisah cinta miliarder sukses dengan mahasiswi ini?


3.        Chappie (Neil Blomkamp)
Bagaimana jika Hugh Jackman kembali satu frame bersama robot seperti ‘Real Steel’ namun dengan cita rasa ‘District 9’ dan ‘Elysium’? Maka ‘Chappie’ adalah jawabannya. Dan jika anda menyukai ketiganya, mungkin anda akan setuju dengan saya untuk menanti karya terbaru dari Neil Blomkamp ini.


4.        Child 44 (Daniel Espinosa)
‘Child 44’ diadaptasi dari novel berjudul sama karya Tom Rob Smith. Mengambil set di Uni Soviet (sebelum terbentuknya Rusia) dengan mengusung drama-thriller yang langsung mengundang perhatian saya. Apalagi ‘Child 44’ dibintangi Tom Hardy yang sukses sebagai one man show dalam ‘Locke’ tahun lalu.


5.        Avengers: Age of Ultron (Joss Whedon)
Jujur saya bukanlah fans superhero Marvel, tapi menikmati universe superhero Marvel dalam medium film memang selalu menjadi hal menarik dewasa ini. Apalagi ketika phase MCU sudah mendekati akhir. Karena apa? Karena selalu ada kumpulan superhero yang sebelumnya tampil solo bersatu dalam satu frame. Yes, that’s The Avengers. Setelah tampil menghibur di seri pertamanya, resep apa lagi yang akan dihidangkan Joss Whedon kali ini?


6.        Inside Out (Pete Docter)
Pasca ‘Toy Story 3’, film animasi rilisan Pixar sampai saat ini memang tampil kurang memuaskan. Namun di 2015 saya sedikit berharap pada film terbarunya ‘Inside Out’. Mengusung premis yang unik tentang emosi dalam diri seorang anak. Film ini menjadi layak ditunggu. Ya, semoga saja kita kembali mendapatkan kenikmatan menonton film Pixar seperti ‘Ratattouille’, ‘Wall-E’, ‘Up’ atau ‘Toy Story 3’ lagi.


7.         Crimson Peak (Guillermo del Toro)
Saya tidak terlalu menyukai ‘Pacific Rim’ 2013 lalu, namun ketika mendengar Guillermo del Toro akan membuat film baru dengan semangat horor gelap dan gothic yang jadi kegemarannya. Saya langsung tertarik dengan film yang berjudul ‘Crimson Peak’ ini. Ber-setting dalam mansion tua yang angker, del Toro berjanji akan membawa tone mencekam disini.


8.        Knight of Cups & Untitled Terrence Malick Project (Terrence Malick)
Setelah tampil dengan judul misteriusnya, akhirnya Terrence Malick membocorkan juga salah satu film terbarunya yaitu ‘Knight of Cups’. Meski film satunya lagi masih punya judul ‘Untitled Terrence Malick Project’. Saya sebenarnya tidak tahu apakah film ini akan rilis tahun ini atau tidak. Tapi berharap sajalah semoga memang benar bisa rilis tahun ini. Trailer ‘Knight of Cups’ juga sudah dirilis.


9.        Untitled Cold War Spy Thriller (Steven Spielberg)
Filmnya disutradarai oleh Steven Spielberg. Script-nya ditulis Coen bersaudara. Bintang utamanya Tom Hanks. Melihat tiga hal tadi saja rasanya sudah tergiur. Belum lagi kali ini Spielberg mengusung tema thriller untuk film yang kemungkinan akan mempunyai judul ‘St. James Place’ ini. Plotnya sendiri diangkat dari kisah nyata tentang insiden U-2 dimasa perang dingin tahun ’60.

Foto set film yang memperlihatkan Spielberg & Hanks sedang berbincang

10.     Untitled Cameron Crowe Project (Cameron Crowe)
Rasanya kangen juga tidak menikmati karya Cameron Crowe setelah terakhir melihat ‘We Bought a Zoo’ 2011 lalu. Dan dengan dukungan cast yang asyik, rasanya karya terbaru Cameron Crowe ini memang patut ditunggu.

11.       Silence (Martin Scorsese)
Martin Scorsese boleh saja sudah berumur. Namun semakin tua, hasil karyanya justru tidak mengecewakan. Bisa dilihat dari 3 (tiga) film sebelumnya yang berada dibawah naungan Paramout Pictures, Shutter Island (2010), Hugo (2011) dan The Wolf of Wall Street (2013). Dan dalam kerjasama ke-4 kalinya bersama Paramount ini, saya sangat menanti akan seperti apa film religi ini ditangan Scorsese.

12.      Sicario (Denis Villeneueve)
Tiga film Villeneuve yang telah saya tonton, Incendies (2009), Prisoners (2013) dan Enemy (2014), semuanya tidak ada yang mengecewakan. Bahkan saya sangat suka dengan ‘Incendies’ dan ‘Prisoners’. Dan ketika tahun 2015 Villeneuve akan merilis film, sudah pasti saya akan menantinya.

13.      Star Wars: Episode VII - The Force Awakens (J.J. Abrams)
Mungkin kita masih ingat bagaimana seorang J.J. Abrams menahkodai reboot ‘Star Trek’ yang menyenangkan itu. Melihat track record-nya, film luar angkasa yang paling banyak fans-nya inipun menjadi sangat dinanti. Bahkan dalam sebuah sumber, sekuel ‘Star Wars’ ini menjadi peringkat pertama sebagai film hollywood paling dinanti ditahun 2015.


14.     The Hateful Eight (Quentin Tarantino)
Walaupun naskah sempat bocor dan sang sutradara sempat berniat membatalkan produksi filmnya. Namun akhirnya dengan keyakinannya, ia kembali memproduksi ‘The Hateful Eight’. Ya, tentunya dengan naskah yang baru. Genre-nya sih, tak jauh dari western. Kita tunggu saja kegilaan apa lagi yang akan dibawa Tarantino kali ini.
 

15.      The Revenant (Alejandro Gonzalez Inarritu)
Alasannya jelas jika ‘The Revenant’ menjadi film yang ditunggu. Tengok siapa orang dibelakangnya, ada Alejandro Gonzalez Inarritu yang pernah membawa drama berat dan serius dalam death trilogy-nya. Dan tahun lalupun, filmnya yang berjudul ‘Birdman’ juga berhasil mencuri perhatian saya.

Other Noteworthy Titles
Kingsman: Secret Service (Matthew Vaughn), Black Mass (Scott Cooper), Southpaw (Antione Fuqua), Joy (David O. Russell), The Sea of Trees (Gus Van Sant), The Walk (Robert Zemeckis), Steve Jobs (Danny Boyle), Splinter Cell (Doug Liman), The Martian (Ridley Scott), Everest (Baltasar Kormakur), In the Heart of the Sea (Ron Howard), Macbeth (Justin Kurzel).

(Other) Anticipated Boxoffice Movies
Jupiter Ascending (Andy Wachowski, Lana Wachowski), Blackhat (Michael Mann), Furiuos 7 (James Wan), Insurgent (Robert Schwentke), Mad Max: Fury Road (George Miller), The Man from U.N.C.L.E. (Guy Ritchie), Tomorrowland (Brad Bird), Jurassic World (Collin Trevorrow ), Terminator: Genisys (Alan Taylor), Pixels (Chris Columbus), Pan (Joe Wright), Cinderella (Kenneth Branagh), The Fantastic Four (Josh Trank), Ant-Man (Peyton Reed), American Ultra (Nima Nourizadeh), The Hunger Games: Mockingjay Part II (Francis Lawrence), Spectre (Sam Mendes), Mission: Impossible 5 (Christopher McQuire)

0 comments