Sunday, May 17, 2015

(My) Top Anime Soundtrack

Anime dan soundtracknya adalah suatu hal yang tak bisa dipisahkan. IMO, lagu-lagu Jepang menjadi lebih bernyawa ketika dijadikan soundtrack anime. Pun sebaliknya, kehadiran soundtrack dalam anime, baik opening maupun ending turut memberi nafas dan mempertegas cerita dalam anime itu sendiri. Emosi dalam setiap cerita menjadi lebih tergambar jelas dengan adanya soundtrack. Apalagi musik Jepang punya ciri khas-nya sendiri. Lirik-lirik yang dituliskannya pun sangat bagus dimata saya. Untuk hal yang satu itu, saya memang mengaguminya. Meski kadang (sebenarnya) saya kurang suka dengan penampilan mereka (musisinya).
Pada post kali ini, saya akan sedikit share tentang daftar lagu soundtrack anime yang menurut saya top, terbaik, favorit atau apapun namanya. Meski diurutkan berdasarkan angka-angka, namun sesungguhnya itu semua tidak terlalu berarti disini. Karena pada dasarnya, saya memang suka lagu-lagunya. Dan berikut daftarnya.

#9 Memories – Maki Otsuki [One Piece]
Seperti judulnya, lagu ini memang penuh akan kenangan. Kenangan yang mengingatkan saya akan masa kecil penuh keseruan bersama televisi. Secara, 'One Piece' merupakan salah satu anime yang menemani saya tumbuh. Mendengar lagu 'Memories' seperti mencampuraduk rindu, haru, senang, sedih dan bahagia dalam satu rasa bernama kenangan .


#8 Life Is Like A Boat – Rie Fu [Bleach]
Lagu ini selalu menyiratkan baris kesedihan dan kesunyian. Lirik pertamanya begitu dalam, Nobody knows who I really am, I never felt this empty before. Saya masih ingat waktu 'Bleach' tayang di TV nasional. Lagu ini mengalun dan menjadi penutup episode-episode awal 'Bleach' tepat pukul 11.30. Menjadi soundtrack untuk waktu dimana selalu tersirat kesedihan dan kehampaan dari langit minggu siang.


#7 Fukai Mori – Do As Infinity [Inuyasha]
Bagi sebagian orang, mungkin opening 'Inuyasha' yang berjudul 'Change the World' lebih familiar dan lebih kental kesan 'Inuyasha'-nya. Namun buat saya, 'Fukai Mori'-lah yang lebih mengena. Riff gitar di intro selalu terdengar renyah ditelinga. Membuat sebuah alasan untuk selalu mendengarkan lagunya.


#6 Ranbu No Melody – SID [Bleach]
Lagu ini berada diantara moment-moment keren dalam episode 'Bleach'. Memberi emosi yang membuatnya terasa menyatu dengan moment yang dihadirkan dalam episode-epiosde tersebut. Especially, moment mengharukan ketika Ichigo harus menggunakan teknik “Final Getsuga Tenshou” yang berujung perpisahannya dengan Zangetsu. It’s so touching!


#5 Butterfly – Kouji Wada [Digimon Adventure]
Untuk anak-anak yang besar bersama 'Digimon Adventure', rasanya tak asing dengan lagu ini. 'Digimon Adventure' memang jadi anime favorit bagi anak-anak saat itu. Lagu inipun sudah jadi ajang nostalgia sendiri ketika kita yang sudah dewasa ini ingin mengenang petualangan Taichi dkk.


#4 Alones – Aqua Timez [Bleach]
Actually, saya suka lagu-lagunya Aqua Timez. Selain musiknya, liriknya pun terasa “srek” ditelinga saya. Dan, semua itu berawal dari Kon yang bersenandung lirih, “Oreta Awai Tsubasa”. Selain 'Alones', 'Bleach' juga memakai dua lagu lain dari Aqua Timez sebagai opening-nya, 'Velonica' dan 'Mask'.


#3 Michi (To You All) – Aluto [Naruto Shippuden]
Saya lupa lagu ini ada di episode mana dalam 'Naruto Shippuden'. Tapi terlepas dari itu, lagu ini memang punya semua hal yang membuat telinga tidak akan bosan-bosan mendengarnya. Easy listening banget!


#2 All Alone With You – Egoist [Psycho-Pass]
Sebuah lagu mellow dari grup project soundtrack anime, Egoist. Bertugas menutup setengah episode akhir 'Psycho-Pass'. Pertama kali mendengarkannya, saya sudah langsung suka dengan lagunya. Dentingan pianonya menarik telinga.


#1 Unravel – Ling Tosite Sigure [Tokyo Ghoul]
Lagu seperti ini memang tipikal lagu yang pas untuk anime. Penuh semangat, berapi-api, sarat akan luapan emosi, tapi tak hilang unsur “melankolis”-nya. 'Tokyo Ghoul' beruntung memiliki lagu ini dalam daftar soundtrack-nya. 'Unravel' juga menjadi seperti gambaran dari kisah 'Tokyo Ghoul'. Beberapa kali 'Unravel' melatarbelakangi moment penting dalam kisah 'Tokyo Ghoul'.


0 comments