Ada
masa dimana kita sebagai penikmat film dan telah mengenyam berbagai jenis film
dari berbagai genre, tahun, asal negara, dsb, mengalihkan perhatian pada
serial TV. Setidaknya itulah yang saya rasakan. Serial TV itu seperti sebuah
penyegaran ditengah banyaknya film yang telah ditonton (MESKI SEBENARNYA FILM YANG BELUM DITONTON JAUH LEBIH BANYAK DARIPADA
YANG SUDAH DITONTON).
Ada
perbedaan mendasar antara film dan serial TV, dimana serial TV lebih punya lebih
banyak waktu untuk mengulik latar belakang, pengenalan karakter, konflik sampai
konklusi dari apa yang terjadi. Disitulah letak daya tariknya. Ini jelas berbeda
dengan film yang relatif punya waktu lebih sebentar untuk itu. Asalkan tidak lebay, episode-episode panjang dan
bermusim-musim dalam sebuah serial TV tetap memberi kesan menarik yang sayang
untuk dilewatkan. Apalagi makin kesini, penggarapan serial TV yang semakin serius
membuat kualitasnya tidak bisa diangap remeh. Bahkan ada beberapa diantaranya yang
mampu mengungguli kualitas beberapa judul film.
Pada
post kali ini, saya akan sedikit berbagi mengenai beberapa judul serial TV yang
layak untuk ditonton. Masih banyak sebenarnya serial TV bagus diluar sana,
namun pada kesempatan kali ini saya hanya menyiapkan 10 (sepuluh) judul saja. So check this out!
Honorable
mentions: Lost, Prison Break, Dexter,
Homeland, Hannibal.
#1
Breaking Bad
Judul
yang selalu muncul dalam jajaran serial TV terbaik. Bukan tanpa alasan memang
‘Breaking Bad’ meraih predikat itu. Karena element-element yang membuatnya
menjadi salah satu serial TV terbaik memang ada dalam ‘Breaking Bad’. Plot ok.
Skenario ok. Naskah ok. Akting ok. Semuanya ada disitu. Serial yang telah habis
masa penayangannya dimusim kelima 2013 lalu ini adalah pemegang penghargaan
serial drama terbaik pada pagelaran Emmy Awards sebanyak dua kali. Selain itu,
‘Breaking Bad’ juga sempat memenangkan penghargaan Best Tv Series pada pada ajang bergengsi Golden Globe Awards.
#2
True Detective
Salah
satu serial favorit saya sejauh ini. Menyenangkan rasanya melihat dua orang
detektif yang saling bertolak belakang secara kepribadian harus mengungkap
kasus pembunuhan yang tak biasa. Itu belum ditambah muatan filosofis yang hadir
bersama unsur dark yang kental. Dengan
alur maju-mundurnya yang catchy, ‘True
Detective’ punya kualitas yang mumpuni sebagai sebuah serial TV. Kualitas
setiap episodenya pun selalu konsisten dan terjaga. Dengan hanya melibatkan Nic
Pizzolatto sebagai satu-satunya screenwriter dan Cary Joji Fukunaga sebagai satu-satunya director,
‘True Detective’ sukses menghidangkan cita rasa yang sama setiap episodenya.
Membuat penonton tidak kehilangan feeling
saat menonton episode per episodenya. Musim keduanya sudah menanti dibulan Juni
nanti. Dan sudah dipastikan bila kita tidak akan melihat Matthew McConaughey
dan Woody Harrelson lagi, yang absen untuk musim keduanya.
#3
Fargo
Bukan.
Ini bukan filmnya Coen Brothers. Tapi jelas, ‘Fargo’ versi serial TV ini
mengambil ide dari film ‘Fargo’ yang rilis tahun 1996 lalu. Apa yang dilakukan
‘Fargo’ bukanlah hal yang baru sebenarnya. Karena beberapa judul serial TV sudah melakukan
hal yang sama sebelumnya. Yakni mengadaptasi cerita film kedalam sebuah serial
TV, baik itu berupa prekuel, sekuel ataupun spin-off.
Beberapa diantara adaptasi film dalam serial TV adalah ‘Bates Motel’ dari
Psycho (1960) dan ‘Hannibal’ dari The Silence of the Lambs (1991). Dari segi
cerita, ‘Fargo’ jauh berbeda dari versi filmnya. Tetapi tanpa menghilangkan
cita rasa khas yang membuat kita jatuh cinta sama filmnya, ‘Fargo’ sukses
mencuri perhatian dan mampu bertutur dengan caranya sendiri. Bersanding bersama
kualitas filmnya yang jempolan sekaligus menjadi salah satu masterpiece dari Coen bersaudara.
#4
Sherlock
Membawa
cerita dari tokoh ikonik populer dijagat raya, rasanya tak sulit buat
‘Sherlock’ meraih simpati penonton. Dan sejalan dengan kepopuleran tokohnya,
mini seri British yang ditayangkan BBC ini sanggup meraih atensi yang sama dari
penonton. Pendekatannya yang lebih modern tidak lantas membuat tokoh rekaan Sir
Arthur Conan Doyle ini kehilangan daya magisnya. Apalagi aktor yang memerankan
Sherlock Holmes adalah Benedict Cumberbatch yang sudah tidak diragukan lagi
kualitas aktingnya. Berkolaborasi bersama Martin Freeman sebagai Dr. Watson
dalam memecahkan kasus-kasus kriminal yang terjadi. Musim keempatnya akan
segera meluncur tahun depan. Tunggu saja!
#5
American Horror Story
Buat
para penonton yang menggemari genre horor, tak berlebihan jika menyebut
‘American Horror Story’ sebagai rekomendasi terdepan. Serial TV yang
menceritakan urban legend yang ada di
Amerika ini merupakan sebuah serial populer bergenre horor. Dikreatori dua
orang penggagas serial Glee, Ryan Murphy dan Brad Falchuk, ‘American Horror
Story’ menjadi serial TV yang sanggup menunjukkan gelagat horor yang tak kalah
dengan film-film horor pada umumnya. Bahkan dari beberapa sisi, serial ini
justru lebih unggul dibanding beberapa film horor yang ada. Teror, ketakutan,
jeritan, darah, semuanya ada disini. Serial ini sudah memiliki 4 (empat) musim
semenjak memulainya lewat ‘Murder House’ 2011 lalu. Musim kelimanya juga tengah
dipersiapkan, kabarnya nama Lady Gaga juga akan muncul mengisi spot cast. Wah, akan seperti apa ya dia disini?
#6
How I Met Your Mother
Jika
5 (lima) judul diatas terlalu serius sebagai sebuah tontonan, maka ‘How I Met
Your Mother’ adalah pilihan tepat tatkala kita butuh hiburan ringan, santai dan
lucu. ‘How I Met Your Mother’ bisa disebut sebagai semacam sitkom kalau di
Indonesia. Kisah seorang ayah yang bercerita tentang bagaimana ia bertemu
dengan istrinya pada anak-anaknya ini merupakan tontonan rom-com yang segar. ‘How I Met Your Mother’ menyajikan cara
bertutur komedi yang kental sekali Amerika-nya, jadi buat yang kurang familiar mungkin
akan menjadi tidak terbiasa. Selain menghadirkan unsur-unsur komedi, ‘How I Met
Your Mother’ juga masih menghadirkan moment-moment manis dalam setiap
perjalanannya. Setiap kali berbicara mengenai ‘How I Met Your Mother’, entah
kenapa ingatan saya selalu tak bisa lepas dari serial yang populer di era
‘90an, ‘Friends’. Walaupun punya perbedaan yang cukup mendasar, tapi ada
beberapa kesamaan antara serial beda generasi ini (IMO). Secara sederhana saya
menyebutnya begini, jika generasi ‘90an punya ‘Friends’, maka generasi 2000-an
punya ‘How I Met Your Mother’.
#7
House of Cards
‘House
of Cards’ adalah sebuah drama politik Amerika yang merupakan adaptasi mini seri
berjudul sama dari Inggris. Sebagai sebuah drama berbau politik, ‘House of
Cards’ mampu mendeskripsikan kata politik sampai ke akar-akarnya. Bahkan sampai
pada tahap kotor-kotornya politik. Intrik, manipulasi, perebutan kekuasaan,
penghalalan segala cara dalam usaha memperoleh keuntungan pribadi dengan dalih
kebaikan besar yang akan didapatkan nanti, ditekankan dalam serial yang
diproduseri Beau Willimon ini. ‘House of Cards’ dibintangi Kevin Spacey yang
pertama kali saya kenal lewat peran Verbal dalam The Usual Suspects (1995).
Peran Kevin Spacey di ‘The Usual Suspects’ dan disini hampir tak jauh berbeda.
Dia digambarkan sebagai orang yang mampu memanipulasi orang-orang disekitar
dengan kemampuan retorikanya. Bedanya, disini dia bukan lagi seorang kriminal
melainkan politisi. Serial yang juga merupakan adaptasi dari novel karangan
Michael Dobbs ini telah bergulir selama 3 (tiga) musim. Musim keempatnya juga
telah mengambil spot untuk tayang di tahun depan.
#8
Better Call Saul
Mungkin
masih terlalu dini untuk menilai judul yang baru menyelesaikan musim pertamanya
6 April lalu ini. Tapi ‘Better Call Saul’ adalah sebuah kejutan ditahun ini.
Kehadiran serial yang merupakan spin-off
dari ‘Breaking Bad’ ini teramat sayang untuk dilewatkan. Apalagi anda adalah
fans ‘Breaking Bad’, maka tidak ada alasan untuk itu. Spin-off ‘Breaking Bad’ ini membawa karakter Saul Goodman sebagai tokoh
utama. Seorang pengacara handal yang kita kenal didunia ‘Breaking Bad’. Seseorang
yang ingin meraih kesuksesan dalam karirnya sebagai pengacara kriminal. Yang
berbeda dari ‘Better Call Saul’ walaupun ia berlabel spin-off adalah ia punya potensi besar untuk berdiri sendiri dalam
usaha menyaingi kesuksesan predesesornya (terlihat dari beberapa episode awal).
Meski masih berada dalam lingkup dunia ‘Breaking Bad’, tapi pondasi ‘Better
Call Saul’ sendiri sudah sangat menjanjikan. FYI, ‘Better Call Saul’ ini
mengambil setting waktu 6 (enam) tahun sebelum kejadian dalam ‘Breaking Bad’.
#9
Game of Thrones
Dilihat
dari segi genre, serial ini bukanlah tipikal favorit saya. Tapi rasanya tak
adil jika ‘Game of Thrones’ yang begitu booming
dalam jagat serial TV tidak masuk dalam daftar rekomendasi. Buat yang suka
cerita fantasi bertema kolosal, ber-setting
kerajaan, lengkap dengan semua element kerajaan yang khas, mulai dari set
sampai kostumnya. Maka tak salah bila menempatkan ‘Game of Thrones’ dalam deretan
teratas. Meskipun tidak menyajikan banyak adegan aksi, ‘Game of Thrones’ justru
mampu berbicara banyak lewat intrik-intrik menarik dalam rangka usaha para
manusia meraih kekuasaan. Setiap episodenya selalu menyajikan banyak kejutan
yang selalu menarik untuk diikuti. Membuat interest
penonton tetap terjaga disetiap episodenya. Satu hal lagi yang tak boleh
dilupakan adalah kesan vulgar yang juga sangat melekat pada serial yang diadaptasi
dari novel George R. R. Martin ini.
#10
The Walking Dead
Dari
sinilah keinginan menonton serial TV dimulai. Buat saya, ‘The Walking Dead’ itu
tipikal serial TV mainstream yang
sepertinya hampir semua orang dari berbagai kalangan yang hobi nonton pernah
menontonnya. Atau setidaknya tahu atau pernah mendengar jika ada serial TV bertema
zombie bertajuk ‘The Walking Dead’. Serial yang diadaptsi dari komik ini sangat
populer didunia. Usaha survival dalam
dunia post-apocaypse memang selalu
menarik untuk disimak. Apalagi ‘The Walking Dead’ menyajikan konflik lain
ditengah perjuangan para manusia bertahan hidup dari teror zombie. Musim
kelimanya telah berakhir beberapa waktu lalu. Kabarnya, musim keenamnya juga
tengah disiapkan. Selain wacana memperpanjang usia di musim keenamnya nanti,
sebuah spin-off juga tengah
digunjingkan. Spin-off berjudul ‘Fear
the Walking Dead’ ini telah siap mengungkap sisi lain dari wabah zombie dibumi.
Ada kemungkinan asal muasal wabah zombie yang menginvasi bumi akan terjawab
disitu.
76 comments
hampir semua saya ntn, apalagi HIMTYM kocak abizzz... yg dah tamat sich baru berasa klo serial nya bobot banget :) klo true detective skrg berasa menurun
@breaking bad addict:emang sih dibanding yang pertama, true detective 2 agak kurang...
Satu yg kurang gan, The last man on earth. kocak bgt tuh fim
@Tri Agung Laksono "Agung": Belum nonton gan, tapi tau. Serial Tv itu banyak bgt, jd bingung nontonnya, hehe.
Hidup ini cuma sekali. Rugi kalo blm nntn Lost ama prison break. ;p
tambahin Gotham & The Flash.... keren
@Wisnu Megonondo:yoottt!
@Embok Tuwek: Untuk serial tv berlabel superhero, Daredevil masih jd yg terbaik menurut saya
@Iim Ali Imron:
apa udah nonton belum gotham dan the Flash????
Kalau saya sudah lihat Daredevil season 1, Film itu cuma film Murahan yg ceritanya tidak ber alur... untuk action dan spesial efek seri daredevil sangat payah
@Embok Tuwek:Oh gitu ya?
Masalah selera aja sih. Tp sy emang lebih suka Daredevil dibanding serial superhero yg lain, makanya sy bilang begitu. hehe.
Luciver juga keren
Luciver juga keren
klo film serial superhero, aku jg lbh suka dare devil....
keren bgt.....
alur ceritanya susah ditebak dan bikin penasaran...
@rheza waluyo:
Belum nonton Lucifer
@Anonymous:
Daredevil emang keren!
masa daredevil payah mas..coba deh tnton lagi...lagian ini kn street superhero ya wajar dong kalo special effect nya ga perlu boambastis kaya superhero2 layar lebar
wah keren2 seleranya hampir sama nih, tambahin Mr.Robot gan sama American Crime Story nya OJ Simpson
@Gedhebug:
Itu dua judul yg juga pengen sy tonton, apalagi Mr. Robot booming banget tahun lalu.
Cuma skrg lagi susah nyari waktu buat nontonnya nih hehe.
versi saya terbaik masih game of thrones, kalau super hero daredevil.
season 2 nya betul2 klimaks.
bumbu2 cinta dan ketegangannya seru, humornya juga segar
@Alamsyah S:
Penggemar berat Game of Thrones nih kayaknya.
Daredevil emang serial superhero yg bagus. Tidak diragukan itu mah.
Spartacus kenapa ga masuk ya?
@emanuel yonie:
Tipikal serial macam Spartacus atau Vikings sudah diwakili sama Game of Thrones.
Tapi secara pribadi, genre tsb emang bukan favorit saya. Jadi agak subjektif sih.
wah min baca pikiran saya nihh
sama banget 'the walking dead' adalah cikal bakal saya nyari serial tv lagi buat di tonton
klo saya baru nonton film seri 24 HOURS......
4 jempol dah film seri 24 hours.
penasaran film lost ne
Dulu saya suka Arrow, tp di season 4 ini kok rada2 bosen gtu. Pas nonton Daredevil langsung suka, lbh bnyak actionnya jg ketimbang Arrow (dan lbh meyakinkann "bloody-scene"nya). Game of Thrones masih favorit, meskipun sering lupa nama2 karakter yg jarang nongol hehe...
Mgkin ada yg bisa kasi referensi serial action yg keren?
@Muhammad Syaifurrahman:
Sama2 terkena walking dead effect nih...
@fhmy milanisti:
Hati2 klo nonton Lost, spoiler nya udah bertebaran dimana-mana...
@Anis Lukita:
Soal Arrow kurang lebih sama kayaknya. Tp klo saya dr season 1 udah merasa bosan. hehe.
Soal Daredevil, itu emang serial superhero terbaik, setidaknya sampai saat ini (IMO).
Game of Thrones = serial tv sejuta umat.
Banshee recomend yg suka action, dan gore dan nude nya betebaran sudah tamat season 4
Dare devil film murahan kebukti di civil war ironman (tony stark) lebih memilih spiderman daripada daredevil padahal sama sama di kota "queens"
Gan film 24 live another day seru tuh,, cuma filmnya susah dicari
Heyyyy spartacus di kmanainnnnnnnnnnnnn
cuma kasih list aja, klo lagi ada waktu coba di cek film dominion, the 100 sama the original
Tetap saja LOST yang terbaik, ide dan alur cerita, flashback setiap pemeran, lompatan waktu dasri masa lalu kini dan depan, pertanyaan - pertanyaan yang muncul, semuanya hanya bisa terjawab di season terakhir season ke 6.
lucunya kenapa Friends ga masuk y? apa udah beda jaman y?
game of throne : super keren. kalo ada yg coment vulgar, bknnya justru lebih aneh kalo misalnya jaman segitu g vulgar y?
the walking dead : sy kasih nilai 9. ada beberapa moment yg sy liat kesannya diperpanjang spy episode bertambah byk. overall tetep keren.
dexter : mnrt sy serial ini justru punya warna lain. pembunuh berantai justru jadi jagoannya. sy kasih nilai 8
house : untuk yg suka serial bertemakan kesehatan. mnrt sy serial ini yg terbaik. sy kasih nilai 8,5
tp kalo genre komedi tetep friends adalah rajanya
genre superhero kesannya kok hiburan semata y? gregetnya kurang.
@Anonymous:
Yg menjadi pertimbangan disini emang serial tv 2000-an. Makanya sy tidak menyebut Friends secara langsung. Tapi dengan menulis "generasi 90-an punya Friends", secara tidak langsung sy bilang bahwa Friends termasuk salah satu serial tv komedi terbaik dan terpopuler di masanya.
Game Of thrones, Walking dead, Vikings, Sherlock Holmes, itu menurut gua paling keren.
Yang terbaik tetap PRISON BREAK, wajib nonton guys
nonton Prison Break nyesel!!! nyesel baru sekarang nontonnya, keren, tv series terkeren selain The Walking Dead dan Lost
Yang suka tema soldier coba strike back.. Keren tuhhh
Ngasal amat teorinya kk aink
Ngasal amat teorinya kk aink
Barusan saya selesai nonton lost, bagus banget. Ending nya bikin saya nangis
Barusan saya selesai nonton lost, bagus banget. Ending nya bikin saya nangis
@Echi Richi:
Nonton sampai season terakhir kan?
Iya, Lost emang bagus. Oh ya, sekedar informasi (buat semuanya), American Horror Story season 6 "Roanoke" bagus lho. Sudah berjalan 3 episode sejak 14 september lalu.
Dare devil bagus broo,, ratingnya tinggi.. Klw orng yg tdk tau mnilai mmng bilng tdk mnarik krn cuma mau liat adegan utama aja,, kya ana kecil
Setujuh broo
Yoi broo, pas lg kasih tau ke cewenya klw dia daredevil
Setujuh broo
person of interest nya kq gak ikutan ???
Belum nonton person of interest
Bagi penikmat HIMYM kurang rasanya kalau belum nonton freaks & geeks sama undeclared. Itu kayaknya fase urutan dari f&g, undeclared trs HIMYM. Bagus pokoknya 3 series segel itu.
Game of thrones sama Mr. Robot masih yang favorite :D
The Flash juga alurnya keren gan...
Viking's juga kayanya layak tonton bro..hehhe
Yang suka sitkom keluarga, cobain "STEP BY STEP" & "MODERN FAMILY".
Yang suka action, yang terbaik ya "MARVEL AGENTS OF SHIELD" sama "CHUCK".
Yang suka serial detektif, "CASTLE" recommended banget
Yang suka dunia medis, cobain "HOUSE MD", kisah tentang dokter "gila" yang berusaha memecahkan kasus-kasus medis yang dokter lain tidak bisa.
Game of thrones, the walking dead, lost, breaking bad, prison break, udah nonton semua, kecuali prison break stuck nonton season terakhir ga mau lanjutin karna baru tau kalo pemeran michael scofield aslinya gay.... hikssss..
wah rasanya list donwload tv series bakal panjang buatku karena baru tertarik gegara nonton shadow hunters
Dia ga guy bro, aku udah tamatin nontonnya. Lanjutin, keren bgt endingnya.
Min bikinin serial tv yg udah tamat, yg recommended. Sejauh ini baru ntn prison break & revenge, masih antri breaking bad, dexter, dan lost. Pingin cari yg sudah tamat biar gak penasaran. Hehe. Ditunggu min artikelnya.
Mr. Robot gan kacau gada obat
How i met your mother gan
How i met your mother gan
kalo grimm piye gan?? saran gan ahahahah
walking dead ama GOT faforit gan. hehehe
Dare Devils di bandingin sama iron nan.. aneh.. dare Devils sama Ironman beda jaman, Daredevil itu superhero sebelum abad melenium.. satu jaman sama Elektra, punisher, iron fist dan uke cage... Mereka di sebut their Defenders, klo si Ironman mah jaman melenium, dia masuk di jaman Avengers. Dari kualitas film, kata ane dare Devils bagus.. ada adegan melakukan one-shot fight selama lima menit di dalam lorong salah satu markas komplotan mafia Rusia di Hell’s Kitchen. Itu hal paling keren di ini film..
buseeet pada ngaco, beda studio kali daredevil, superman, batman, flash, arrow, itu DC comics, perkumpulannya Justice League, kalo spiderman ironman, x-men, cap america itu Marvel,perkumpulannya avanger yah iyah lah ironman ngajak spiderman -_-
serial western koboi gan yang bagus apaan ?
Disini udah ada yg pernah nonton Homeland? Saya baru mau mulai download
Bagus ga yah kira2 tuh series?
Daredevil itu dari marvel, kalo ngantuk tidur dulu gan.., daredevil itu anggota avengers di komik, masalah dia ga kepilih itu karena karakter spiderman lebih laku dan menarik hati. Penonton film marvel lebih suka karakter marvel yg kocak, colorfull, dan slengean macam deadpool. Sama kaya film2 marvel sekarang yg ceria, fun dan byk humornya. Kalo daredevil lebih serius dan dark mirip batman..
Daredevil dari marvel, kalo ngantuk tidur dulu gan.., daredevil anggota avengers di komik, masalah dia ga kepilih itu karena karakter spiderman lebih laku dan menarik hati. Penonton film marvel lebih suka karakter marvel yg kocak, colorfull, dan slengean macam deadpool. Sama kaya film2 marvel sekarang yg ceria, fun dan byk humornya. Kalo daredevil lebih serius dan dark mirip batman..
Ane baru nonton breaking bad, got, sherlock. .
Ane sebenernya nonton arrow. cuma pas season 4 jadi makin bosen ama ceritanya. .
OUAT juga ane baru sampe season 6 kalo kagak salah. .
daredevil ane baru pernah nntn movie jadulnya doang. .
fargo ane udah ada filenya tapi blom nonton..
sedangkan prison break ane baru sampe season 2 ep 3. .
sekarang ane malah cari cari serial lain karena merasa jenuh ama yg udah ane nonton. .
tapi liat di list agan ada better call saul, kayaknya ane mau coba nonton hiihiiiii. . tq gan.
@OuO:
sebenernya ini tulisan udah lama bgt, awal 2015-an lah sy post, jadi daftar serial yg ada dari thn 2015 ke belakang.
kalo jenuh ama yg itu mungkin ada beberapa rekomendasi serial tv yg skrg2, udah pernah sy tonton jg, kayak westworld, stranger things (lagi populer bgt), american gods, 13 reasons why (drama remaja), mr. robot, american crime story, dan apalagi ya? lupa hehe. sy juga lagi penasaran nih dgn mindhunter (belum nonton).
kalo serial tv superhero sy jarang nonton sih, kecuali daredevil yg emang diikutin, selebihnya belum nemu yg cocok lagi, better call saul itu emang recommended, apalagi kalo udah tamat dan suka ama breaking bad.
ada yg inget serial western cewek tokohnya kalau gak salah jessica parker sering mimpi kejadian orang meninggal tapi keesokan nya jadi kenyataan, dia berusaha buat mencegah/menolong orang yg meninggal itu, kalau gak salah dlu tayang hari minggu siang jam 11 atau jam 13 gitu di rcti/antv sebelum prison break tayang, kira-kira ada yg inget judulnya gak ya? Mksh
Post a Comment