Sunday, April 19, 2015

(My) Top 10 Sheila On 7 Songs


Saya memulai perkenalan dengan Sheila On 7 saat masih kelas III SD. Pada saat itu, album paling laris mereka bertajuk ‘Kisah Klasik Untuk Masa Depan’ bergaung tak terbendung di blantika musik Indonesia. Nama mereka berkibar kencang mewarnai kancah musik Indonesia. Saya yang masih kecil itupun dibuat kagum dengan musikalitas, lirik dan image yang mereka bangun. Sheila On 7 menjadi semacam antitesis dari kesan anak band diawal kemunculannya. Kehadiran mereka seolah mematahkan stigma orang-orang akan image anak band dimasanya.
Sampai saat ini, mereka telah merilis 10 (sepuluh) album studio (termasuk album ost dan the best of). Tiga album awal mereka adalah hattrick yang telah mereka torehkan dalam urusan penjualan. Tak ayal, image band sejuta kopi sangat melekat dengan mereka. Selain keberhasilan secara komersial, tiga album inilah yang juga berhasil menjaring dan memenangkan hati para pendengar. Ya, mereka telah menasbihkan nama mereka sebagai salah satu band idola buat generasi yang lahir atau besar di era ’90-an.
Angka 10 (sepuluh) mungkin bukanlah angka yang tepat untuk menentukan karya terbaik mereka. Sejatinya, begitu banyak karya yang telah mereka telurkan dan berkesan dihati. Mungkin hanya album ‘507’ yang kurang bisa saya nikmati. Karya-karya dialbum ke-2 dan ke-3 adalah yang paling susah dipilih. Saking banyaknya nomor yang layak masuk top 10 versi saya ini. Namun pilihan tetaplah pilihan. Tanpa mencoba mendiskreditkan yang lainnya, inilah 10 lagu (top, terbaik, favorit atau apalah namanya) dari Sheila On 7.

#10 Sekali Lagi (THE VERY BEST OF SHEILA ON 7, 2005)

Sheila On 7 merangkum karya-karya terbaiknya ditengah sinarnya yang mulai meredup oleh kehadiran wajah-wajah baru. Dalam satu lagu barunya, mereka memberi sebuah pesan tersirat tentang jatuh bangun kehidupan. Pergerakannya yang pelan dan perlahan menjadi begitu emosional, tatkala Duta meneriakkan bait-bait harapan dan penyesalan dalam waktu bersamaan.

#9 Melompat Lebih Tinggi (OST 30 HARI MENCARI CINTA, 2003)

Majalah Rolling Stones Indonesia mencatat lagu ini sebagai salah satu dari 150 lagu terbaik sepanjang masa. Liriknya yang kaya akan muatan positif adalah mood booster. Temponya yang nge-beat adalah pemecah suasana yang paling tepat. Lagu yang biasa dibawakan dipenghujung konser mereka ini menghadirkan permainan gitar yang sangat atraktif. Aksi akroabtikpun tak jarang mereka tampilkan saat live.

#8 Pria Kesepian (07 DES, 2002)

‘Pria Kesepian’ adalah ajang untuk bersenang-senang. Pelipur lara bagi mereka yang jauh dari rumah dan ditinggalkan cinta. Hiburan hura-hara ditengah keluh dunia bernama “kesepian”.

#7 Sebuah Kisah Klasik (KISAH KLASIK UNTUK MASA DEPAN, 2000)

Everlasting. Sebuah pesan manis. Tribut untuk seluruh teman, kawan, rekan dan sahabat. Mengungkap indahnya persahabatan dari perspektif masa. Gubahan syairnya senantiasa menghadirkan proyeksi moment dan kenangan dalam setiap rekam jejak masing-masing kita. Seperti telah melakukan perjalanan bersama mesin waktu tatkala mengingatnya. Seperti pula lagunya, ‘Kita’-pun demikian, kawan!

#6 Just For My Mom (KISAH KLASIK UNTUK MASA DEPAN, 2000)

Dalam perbendaharaan kata, ada satu kata dalam wujud satu sosok yang artinya takkan pernah lekang oleh waktu. Dialah ibu. Sadar betul akan hal itu, sebuah lagu penuh dedikasipun mereka ciptakan untuk sosok tersebut. Liriknya yang tidak terlalu berat justru membuatnya menjadi lebih dekat dan personal tanpa sedikitpun kehilangan esensinya.

#5 Lihat, Dengar, Rasakan (KISAH KLASIK UNTUK MASA DEPAN, 2000)

Seolah sedang berdoa, mereka merangkainya dalam alunan nada yang indah. Bersanding dengan taburan personifikasi yang bertransformasi menjadi bentuk persuasif kepada sesama. ‘Lihat, Dengar, Rasakan’ menjadi satu bahan renungan untuk setiap yang mendengarkan.

#4 Anugerah Terindah yang Pernah Kumiliki (SHEILA ON 7, 1999)

Album pertama mereka memang masih sangat apa adanya. Bertutur penuh kejujuran tentang cinta dan kehidupan dalam kaca mata anak muda biasa. Liriknya seringkali lugas, namun tak sedikit yang manis puitis. Satu diantara sekian judul yang menyeruak adalah ini. Lagu cinta paling manis yang pernah diciptakan mereka. Arransemen minimalis namun masih mampu menunjukkan sisi megah dalam setiap butir notasinya.

#3 Pemuja Rahasia (PEJANTAN TANGGUH, 2004)

Kehadiran ‘Pejantan Tangguh’ yang seolah merevolusi musik mereka mungkin masih belum bisa diterima orang yang terlebih dulu mengenalnya dalam format easy listening. Penekanan nuansa blues dan rock alternatif ’90-an menjadi pembeda dari album-album sebelumnya. Namun Sheila On 7 tetaplah Sheila On 7. Pun ketika mereka harus menjadikan seorang Duta “rapper dadakan”. Tanpa harus terkesan dipaksakan, setiap baris liriknya sanggup mengejawantahkan suara-suara perwakilan perasaan yang sarat makna. “Menikmati indahmu dari sisi gelapku” adalah bagian paling manis diantara yang lainnya. Deskripsi paket komplit dari sebuah istilah bernama ‘Pemuja Rahasia’.

#2 Yang Terlewatkan (MENENTUKAN ARAH, 2008)

‘Menentukan Arah’ menjadi titik awal kebangkitan Sheila On 7 setelah sempat terlupakan. Menyederhanakan musik dan liriknya tanpa menghilangkan jati diri mereka. Sebuah nomor akustik hadir menawarkan ketenangan dalam dawai kepahitan. Lantunan gitar akustik yang sederhana menjadi candu melodius tatkala Eross memetiknya. Liriknya? Ah, ternyata teramat personal untuk dibahas.

#1 Dan... (SHEILA ON 7, 1999)

Kalau ditanya Sheila On 7 itu seperti apa? Maka tengoklah ‘Dan...’ Mengapa? Karena ‘Dan...’ adalah kata yang tepat sekaligus gambaran konkrit yang sempurna dari band asal Jogja ini. Setidaknya buat saya. Sederhana, simple, nggak neko-neko, down to earth. Tapi manis, puitis, istimewa, sarat makna dan sanggup menyimpan kesan mendalam dalam hati orang yang pernah mendengarnya. Ini adalah masterpiece dari sebuah band yang kaya dibalik kesederhanaannya.

Dan....
Ya, begitulah kira-kira Sheila On 7. Terlalu panjang bila dibahas secara menyeluruh. Tapi yang pasti, mereka akan selalu membuat kita jatuh hati dengan cara dan karyanya. Pasang surut dalam perjalanan karirnya tak lantas membuat mereka jatuh. Mereka malah tetap ‘Bertahan Disana’ dan jadi ‘Pemenang’. Justru karena sempat mengalami masa terpuruklah, nama Sheila On 7 menjadi satu diantara nama yang dikenang. Kejayaan dimasa-masa kita dibuat addict karenanya, kemudian seolah terlupakan dengan kehadiran yang lain. Dan akhirnya kita dibuat rindu kembali akan masa-masa dimana kita pernah tumbuh bersama karyanya. Lagu-lagu mereka adalah soundtrack kehidupan. Nama mereka sudah tertulis dalam jajaran grup band terbaik yang pernah lahir dinegeri ini. Karya-karyanya tak akan pernah tergantikan. Sheila On 7 adalah sebuah kisah klasik untuk masa depan. 
         Unforgettable, memorable & everlasting.

0 comments