Saturday, May 21, 2016

Corat-Coret One Piece Chapter 826: 0 And 4

Saya baru menyadari ternyata dua minggu itu waktu yang sangat lama untuk menunggu satu chapter One Piece. Golden Week Japan ditambah jadwal libur Oda membawa rasa sepi yang kentara karena chapter One Piece tak kunjung keluar. Dan penantian panjang itupun berakhir di angka ‘0 dan 4’.  Btw, sebenarnya chapter ini masih scan ilegal karena rilis resminya baru minggu depan. Tapi tidak apa-apa (anggap saja begitu), yang pasti kita harus beli komiknya kalau sudah rilis nanti. Setuju?


Bekas kerajaan Shikkearu di Pulau Kuraigana yang semula terlihat misterius dan menyeramkan mulai terlihat bersahabat sekarang. Mihawk, Perona dan para babon juga nampak disana. Sepertinya mereka menikmati hari-harinya dengan bercocok tanam ya? hehe. Sebagai shicibukai pertama yang mengenal Straw Hat Pirate (SHP), Mihawk cukup hafal dengan kebiasaan SHP yang sering membuat onar. Tapi melihat kejadian baru-baru ini ditambah bounty kru SHP yang melonjak naik, sepertinya ia cukup terkejut juga. Topi yang dipakai Mihawk mungkin akan menimbulkan banyak spekulasi, seperti sebuah petunjuk bahwa kelak Mihawk akan membantu Luffy dkk. Tapi untuk saat ini, sementara hanya dianggap sebagai topi biasa yang bisa dipakai semua orang. Bukankah di ladang memang biasa memakai topi seperti itu? Pulau Kuraigana ini menambah daftar panjang Cover Story: 500 Million Berry Arc. Berikutnya (mungkin) kita akan melihat Boa Hancock & Bajak laut Kuja di Amazon Lily, Silvers Rayleigh dan Shakky di Sabaody Archipelago dan neraka versi Sanji, kerajaan Kamabakka.
Sejenak kita tinggalkan dunia fantasi ala ‘Alice in Wonderland’ di kapal Big Mom. Sebagai gantinya, mari mengenal sebuah organisasi yang disebut-sebut sebagai afiliasi terbesar keempat dalam jagat One Piece setelah angkatan laut, bajak laut dan pasukan revolusioner. Sempat menjadi perbincangan yang hangat ketika nama Germa 66 yang dipimpin oleh keluarga Vinsmoke disebutkan pertama kali. Identitas Vinsmoke sebagai keluarga pembunuh yang membidani Germa 66 sebagai organisasi bawah tanah sekaligus pemicu perang, tak hentinya menimbulkan banyak teori dan spekulasi. Germa 66 yang diangkat menjadi tokoh jahat pada sebuah kolom komik WE Times dalam cerita kepahlawanan Sora, semakin menguatkan bahwa mereka bukanlah kelompok biasa di semesta ini. Dan di akhir chapter 825, Germa 66 pun mulai menunjukkan sedikit batang hidungnya.
Chapter yang mengusung judul ‘0 dan 4’ ini, sedikit banyak memberi penjelasan perihal Germa 66 dan Vinsmoke. Chapter ini tidak memiliki dinamika yang berkelok-kelok. Cukup wajar, karena kita masih berada pada masa transisi antara story arc yang satu dengan yang lainnya. Chapter 826 ini juga berhasil membawa sedikit twist dari ending sebelumnya yang banyak menimbulkan spekulasi di kalangan pembaca. Sebagai bagian dari pengenalan, ‘0 and 4’ cukup mampu menegaskan warna berbeda pada plot One Piece kali ini. Setidaknya kisah penyelamatan Sanji ini tidak membuat dejavu dengan kisah penyelamatan Robin di Enies Lobby. Seperti yang kita tahu, pola seperti dejavu ini sering dikeluhkan banyak pembaca One Piece akhir-akhir ini. Meski relatif datar, chapter ini berisi informasi-informasi penting menarik yang belum banyak kita ketahui. Apalagi ada tokoh wanita cantik baru disini.
Sosok misterius dengan ciri ke-Sanji-Sanjian-an dan muka ke-Zoro-Zoro-an di chapter lalu akhirnya terungkap. Dia adalah Yonji Vinsmoke, adik laki-laki Sanji. Bila dilihat namanya, Yonji juga mengandung unsur angka seperti halnya Sanji, Yon = 4. Sebelumnya, kita mengganggap Sanji sebagai anak ketiga. Hal ini didasarkan pada unsur angka pada namanya, San = 3. Namun sosok perempuan cantik yang muncul dengan nama Reiju atau Reige atau sebenarnya Reiji Vinsmoke sebagai kakak Yonji sepertinya akan mematahkan anggapan itu. Sama seperti Sanji dan Yonji, Reiju pun memiliki unsur angka pada namanya (Rei = 0). Dengan kata lain, bila diurutkan berdasarkan angka, Sanji adalah anak keempat bukan anak ketiga. Dengan kemungkinan nama kakak Sanji yang lain adalah Ichiji (Ichi = 1) dan Niji (Ni = 2). Adapun keterangan pada undangan pesta teh Big Mom, disebutkan bahwa Sanji adalah putera ketiga keluarga Vinsmoke (chapter 812). Putera berarti anak laki-laki. Artinya, Sanji adalah anak laki-laki ke-3 dari keluarga Vinsmoke sedangkan Reiju adalah anak perempuan. Penamaan unik berikut maksud pada keluarga Vinsmoke ini masih berupa teori saja sekarang, fakta sebenarnya akan terkuak seiring berjalannya waktu.  
Keluarga Sanji ini sepertinya memiliki keunikan tersendiri. Selain pada namanya yang mengandung unsur angka, mereka mempunyai ciri khas pada alis melingkarnya. Selain itu, mereka memiliki karakter khusus pada anggotanya. Jika karakter egois menjadi milik keluarga Luffy (tengok Garp dan Luffy) maka “mesum” menjadi milik keluarga Sanji. Kita bisa lihat bagaimana ekspresi Yonji saat melihat Nami. Familiar sekali bukan? Kalau ayahnya ikut-ikutan begini, bisa gawat nih! Shishishishi. Oh, ya, btw, Sanji itu sering sekali ribut dengan Zoro. Mungkin ini ada hubungannya dengan Yonji yang wajahnya agak ke-Zoro-Zoro-an (padahal Nami dkk menyangka dia adalah Sanji karena kemiripannya). Makanya Sanji sering kesal dengan Zoro karena wajahnya mengingatkannya pada Yonji (selain karena salah paham soal ukuran Nami). LOL. Terlebih Reiju pun menyebut Yonji sebagai pribadi yang tak memiliki sopan santun dan perangainya sudah buruk dari sananya.
Berdasarkan keterangan Reiju Vinsmoke, Germa adalah sebuah negeri berbasis kerajaan yang tak memiliki tempat dan tanah kekuasaaan namun tetap eksis dan bisa berpartisipasi dalam Reverie. Definisi tidak memiliki tempat disini bisa bermakna ganda, bisa dimaknai secara harfiah atau bisa berarti mereka adalah negeri yang berjalan / berpindah (nomaden). Atau juga bisa berarti bahwa kekuasaan mereka tak terbatas. Sanggup merubah status poster buronan seseorang jelas bukan perkara mudah. Seperti yang pernah dibahas sebelumnya, hal seperti ini tak bisa dilakukan kecuali oleh orang-orang tertentu yang memiliki kuasa penuh. Beberapa teori yang berkembang menyebut bahwa Vinsmoke masih bagian dari Tenryuubito. Masih terasa kabur, tapi melihat bahwa sebenarnya mereka adalah keluarga kerajaan yang terhormat (bangsawan), sepertinya sedikit beralasan. Menengok kapal yang dinaiki Yonji dan Reiju, ada spekulasi sederhana mengenai hal ini. Mungkin saja semua kapal Germa 66 memiliki karakteristik yang sama seperti itu. Dan jika semua kapal Germa 66 berkumpul dan digabung menjadi satu, maka terbentuklah sebuah istana kerajaan. LOL.
Lebih lanjut, Germa 66 ini tampak memiliki kekuatan sangat yang besar. Menurut Pekoms, itu pula lah alasan kenapa Big Mom mau menjalin hubungan dengan keluarga Vinsmoke. Dimasa lalu, mereka terkenal dengan kekuatan tangan besi dan sanggup menguasai North Blue karenanya. Tangan / tinju besi mungkin ada hubungannya dengan sesuatu seperti sarung tangan yang dikenakan Yonji dan Reiju. Tangan besi sendiri juga bisa diartikan secara konotatif. Artinya, gaya pemerintahan yang mereka terapkan bersifat keras dan memaksa. Mereka memakai sepatu yang memungkinkan mereka dapat berjalan di udara seperti Sky Walk-nya Sanji. Mereka juga tampak memakai sesuatu serupa headphone. Benda-benda tersebut kemungkinan adalah teknologi yang dikembangkan Germa 66 untuk memperkuat kekuatan tempurnya. Mereka juga terkenal sebagai pasukan tempur dengan teknologi paling modern yang ada didunia. Para petinggi atau eksekutif atau anggota utama keluarga Vinsmoke memiliki kode khusus yang ada hubungannya dengan warna dan kekuatan spesial masing-masing. Sanji à Black Leg, Yonji à Winch Green dan Reiju à Poison Pink. Sanji, kita sudah tahu kekuatannya seperti apa. Yonji? Saya tidak bisa membayangkan kekuatannya bila melihat terjemahan kata “Winch” sendiri. Terlalu aneh sepertinya. Kita lihat saat dia beraksi nanti. Tapi Reiju memperlihatkan salah satu kemampuannya disini.
Luffy! You’re lucky man! Luffy mungkin menjadi karakter paling beruntung dalam jagat One Piece. Kepolosan dan kesucian hatinya (karena mampu naik awan kinton) membawanya pada hal-hal yang paling diidamkan oleh pria manapun. Luffy adalah satu-satunya pria yang pernah melihat tubuh Boa Hancock secara langsung tanpa sehelai benang pun menutupinya. Luffy pun pernah bermain-main di area oppai-nya Shirahoshi. Dan kali ini, keberuntungan tersebut tidak berhenti. Memang tidak bisa disebut secara langsung, tapi Luffy telah “berciuman” dengan kakaknya Sanji. Hah? Apa jadinya jika Boa Hancock melihat ini? Kekuatan Reiju yang bisa melahap racun ini mungkin diperoleh dari buah iblis. Buah iblis apa itu masih belum jelas tapi yang pasti bukan Doku Doku no Mi milik Magellan. Meski begitu, bisa saja kekuatan Reiju tersebut bukanlah kekuatan buah iblis. Melainkan kekuatan khusus yang hanya dimiliki anggota keluarga Vinsmoke. 
Nyawa Luffy telah terselematkan dari racun yang membuat Chopper sebagai seorang doker merasa tak berguna. Kepanikan mereda. Chopper dan Carrot menjadi yang paling bahagia karena ini. Btw, Carrot semakin terlihat nyetel dengan kru SHP. Pertemuan salah satu anggota Germa 66 dengan tim Luffy selaku penyelamat Sanji ini memang tidak disengaja. Mereka hanya sedang tersesat dan tak sengaja melihat Thousand Sunny. Dugaan sebelumnya bahwa Germa 66 akan menghadang perjalanan Luffy cs telah dipatahkan disini. Pertemuan tak sengaja ini sepertinya sudah ditakdirkan. Mungkin akan menjadi takdir pembeda di saat-saat yang paling dibutuhkan kelak. Senyum Reiju saat Luffy berterima kasih dengan tulus sekaligus meminta Sanji kembali dengan tegas menyiratkan sesuatu. Senyum yang memiliki sejuta tanya dan arti.
Meski telah diberi beberapa penjelasan, sejatinya, perihal Germa 66 dan Vinsmoke masihlah sangat misterius. Bahkan informasi tentang mereka masih terdengar aneh dan ambigu. Kepingan puzzle-nya masih bertebaran dan belum tersusun rapi. Cerita komik Sora dibuat sebagai bentuk propaganda dalam rangka mengagungkan kepahlawanan angkatan laut menumpas kejahatan bernama Germa 66. Nyatanya Vinsmoke yang menguasai Germa 66 memiliki hubungan dengan pemerintah dunia sampai dengan mudahnya mengubah bounty dan syarat perburuan seseorang. Ada konspirasi apa dibalik ini? Apa pula motif pemimpin Vinsmoke menjalin hubungan dengan Big Mom lewat sebuah pernikahan politik? Apakah ini berhubungan dengan perkataan Tamago mengenai keberadaan Germa 66 yang hanya tinggal sisa? Bagaimana pula peran Germa 66 dan Vinsmoke terhadap SHP? Sebagai musuh atau malah sebagai teman (nantinya)?
Panel terakhir seperti biasanya memberi sebuah kejutan diantara cerita yang sedang bergulir. Dan kali ini, kejutan datang dari seorang pria yang pernah berjanji untuk bergabung dengan SHP, Jinbe. Kedatangan Jinbe sebenarnya sudah diprediksikan jauh-jauh hari, apalagi kita tahu, Jinbe pergi untuk menyelesaikan urusannya dengan Big Mom. Tinggal tunggu waktu saja kapan dia akan benar-benar datang. Namun yang menarik disini adalah bagaimana peran Jinbe terhadap SHP nanti? Apakah dia akan menjadi kru utama SHP seperti yang pernah dijanjikan dan diharapkan oleh sebagian besar orang? Atau Jinbe hanya membantu SHP sebagai sebuah aliansi saja? Sosok Aladdin yang terlihat disana, mungkinkah menjadi pertanda bahwa Jinbe telah menghidupkan kembali bajak laut matahari? Sekaligus menegaskan bahwa Jinbe tidak akan bergabung dengan SHP? Kita lihat saja nanti. Karena pada dasarnya keputusan berada di tangan Luffy, maukah Luffy mengajak Jinbe kembali bergabung? Masih samar tapi satu hal yang sepertinya bisa segera dipastikan, Jinbe memiliki peran yang besar pada rencana kali ini.

0 comments