Thursday, May 5, 2016

Corat-Coret One Piece: Prediksi Next Nakama Straw Hat Pirate

Sebelum memulai perjalanannya, Luffy sudah memutuskan akan mencari teman bajak lautnya sebanyak sepuluh orang dan membuat bendera bajak laut sendiri. Sampai saat ini, sudah ada delapan anggota kru Straw Hat Pirate (SHP): Zoro, Nami, Usopp, Sanji, Chopper, Robin, Franky & Brook. Dengan demikian, masih ada dua tempat tersisa yang akan diisi oleh dua orang misterius berikutnya. Adapun Nevertari Vivi, sang putri Alabasta dengan tanda silang simbol persahabatan ditangan, bukanlah kru utama. Sederhananya, Vivi adalah anggota ke 5.5 SHP. Lalu siapakah dua orang yang akan menjadi anggota SHP?
Prediksi mengenai Next Nakama SHP memang sudah berkembang semenjak Time-Skip berlangsung. Nama-nama muncul silih berganti. Alasan yang bersifat teoritis maupun alasan subjektif bersifat pribadi berkembang mengisi bursa pencalonan dua Nakama baru. Seperti banyak oplovers diluar sana yang memprediksi kandidat anggota baru Topi Jerami, sayapun tergelitik untuk melakukan hal yang sama. Sejauh ini, nama-nama berikut layak diperhitungkan sebagai kandidat kru SHP. Sebagai catatan, pertimbangan prediksi calon nakama berikut persentasenya ini didasarkan pada chapter terakhir One Piece yang rilis, yaitu chapter 825. Artinya, semua bisa berubah seiring berjalan dan bertambahnya chapter One Piece.  Karena pada dasarnya, spekulasi seperti ini bersifat dinamis, chapter-chapter ke depan bisa merubah bursa pencalonan mengenai siapa yang lebih layak menjadi anggota SHP. So, Check this out!

Jinbe


Satu alasan yang membuat nama Jinbe menjadi yang terdepan dalam kandidat Nakama baru adalah janjinya. Ingat, janji seorang pria dalam dunia One Piece adalah segalanya. Di Fishman Island, setelah SHP dan Jinbe bertarung bersama, Luffy secara pribadi meminta Jinbe menjadi kru bajak lautnya. Jinbe sempat menolak karena harus menyelesaikan urusan dengan Big Mom. Tapi ia berjanji, jika urusannya sudah selesai dan tawaran Luffy masih berlaku, ia dengan senang hati bergabung dengan SHP. Anggota lainpun cukup senang dengan ini. Hal Ini membuat peluang Jinbe untuk bergabung dengan SHP cukup besar sekitar sampai 85%.
Banyak fans yang mengira Jinbe sudah pasti mendapat satu tempat di kru SHP. Namun tidak bagi saya. Bila dicermati ada hal yang sedikit mengganjal dengan ucapan Jinbe saat itu. Tentu akan lebih mudah jika Jinbe berkata seperti ini, “Aku akan bergabung denganmu jika urusanku sudah selesai.” Atau yang lebih mudah lagi, “Aku akan bergabung denganmu dan tolong bantu aku menyelesaikan urusanku.” Tapi Jinbe tidak melakukannya. Dia berkata akan bergabung jika tawaran Luffy masih berlaku. Dengan kata lain, Jinbe akan bergabung jika Luffy masih mau mengajaknya kembali. Bagaimana jika Luffy tidak mengajaknya lagi bergabung? Atau kemungkinan terburuk, bagaimana jika Jinbe telah gugur saat menunaikan urusannya?
Secara pribadi, saya juga tidak terlalu menjagokan Jinbe sebagai kandidat Nakama SHP. Keinginan saya agar Jinbe bergabung pun hanya sebesar 50%. Alasannya adalah, Jinbe sudah berbeda level dengan anggota SHP. Jinbe adalah bajak laut yang sudah kenyang pengalaman, dijuluki ksatria lautan, master gyojin karate, mantan Shicibukai pula. Benar pengalamannya akan sangat berguna. Bisa saja dia menjadi penasehat umum SHP. Benar bahwa kekuatannya akan sangat menguntungkan bagi SHP. Namun disitulah kurang menariknya.   
SHP terkenal dengan tingkah polah kaptennya yang bodoh, spontan dan egois, baik dalam perjalanan maupun pertarungan. Kehadiran Jinbe mungkin akan membuat karakteristik SHP yang ini menjadi kurang greget lagi. Ya, walaupun Luffy tak akan terpengaruh sih. Tapi menurut saya, pengalaman dan kekuatan Jinbe akan lebih tepat jika dia tidak menjadi kru utama. Melainkan sebagai teman yang membantu SHP saja. Seperti saat bertarung bersama melawan Hody Jones cs.

Caesar Clown


Bukankah Caesar adalah musuh? Ya, dia pernah menjadi musuh SHP bahkan menjadi antagonis utama dalam arc Punk Hazard. Tapi bukankah Nico Robin dan Franky sebelumnya juga adalah musuh? Nico Robin sewaktu masih menjadi anggota Baroque Works dan Franky bersama keluarganya menjadi musuh di awal arc Water 7. Dengan kata lain, tidak menutup kemungkinan bahwa musuh dimasa lalu akan menjadi teman di kemudian hari.
Bila melihat pola cerita, perjalanan ke Whole Cake Island mengingatkan kita pada perjalanan menuju Enies Lobby. Luffy dkk menuju Enies Lobby untuk menjemput Robin. Dan sekarang, Luffy dkk menuju Whole Cake Island untuk menjemput Sanji. Di Water 7, CP9 menculik Franky. Dan di Zou, anak buah Big Mom menculik Caesar. Nah lho?
Walapun pernah menjadi musuh yang menyebalkan dan dibenci sang Kapten, selama perjalanannya di Thousand Sunny, gelagat Caesar perlahan mulai berubah. Bahkan dia cukup nyetel dengan karakteristik kru SHP yang.., ya.., seperti itulah. Namun ada satu hal yang membuat kemungkinan Caesar bergabung dengan SHP cukup besar. Yaitu mimpinya.
Seperti yang kita tahu, setiap anggota SHP memilki mimpinya masing-masing. Dan Caesar memiliki impian yang sama besarnya dengan anggota SHP. Caesar ingin menjadi ilmuwan no. 1 didunia mengalahkan Dr. Vegapunk. Saat ini, kita tahu bahwa Vegapunk lah yang mendapat predikat itu dan diakui sebagai ilmuwan terbaik dunia. Caesar masih berada dibawah bayang-bayangnya. Bisa jadi, Caesar menjadi jahat karena ambisinya yang terlalu besar, sampai menghalalkan segala cara untuk meraih impiannya tersebut. Bukankah profesi ilmuwan akan semakin menambah keberagaman profesi anggota SHP?
Adapun Caesar sebagai pengguna buah iblis tipe logia, menurut saya itu hanyalah bonus. Tidak menjadi alasan yang kuat sampai ia harus bergabung dengan SHP hanya karena pengguna buah iblis logia. Dan bila melihat alasan teoritis, peluang Caesar untuk bergabung (mungkin) sekitar 50%. Secara pribadi, saya juga cukup menjagokan Caesar sebagai Next Nakama SHP dengan persentase 60%.

Eiichiro Oda merupakan mangaka yang memiliki pola-pola tertentu dalam menggulirkan kisahnya. Memang Odacchi belum pernah secara langsung mengakuinya tapi para fans cukup bisa membaca pola-pola tertentu yang dipakai Oda. Seperti pada SBS vol. 59, ada seorang fans yang menyebut Bartholomew Kuma sebagai Next Nakama SHP. Hal ini didasarkan pada pola pengguna buah iblis SHP yang memiliki kombinasi angka dalam nama buah iblisnya.
Luffy à Gomu Gomu no Mi à Go (5) Mu (6)
Chopper à Hito Hito no Mi à Hi (1) To (10)
Robin à Hana Hana no Mi à Ha (8) Na (7)
Brook à Yomi Yomi no Mi à Yo (4) Mi (3)
Dari data diatas, ada dua angka yang belum muncul yaitu 2 dan 9. Angka 2 dan 9 memiliki kemungkinan seperti ini 2 (Ni, Fu) dan 9 (Kyu, Ku, Ko). Saat ini, ada dua buah iblis yang mendekati dan (mungkin) bisa memenuhi kombinasi angka yang tersisa yaitu Nikyu Nikyu no Mi dan Fuku Fuku no Mi. Dan penggunanya adalah:

Bartholemew Kuma


Bartholomew Kuma adalah Shicibukai sekaligus anggota Revolution Army. Pengguna buah iblis Nikyu Nikyu no Mi (telapak). Saat ini, tidak ada cukup alasan bagi Kuma untuk menjadi kru SHP selain spekulasi kombinasi angka ini. Lagipula sekarang Kuma sudah menjadi Pacifista, senjata pemusnah yang dikendalikan angkatan laut. Cukup sulit rasanya. Peluang Kuma bergabung pun cukup kecil, mungkin hanya sebesar 10% saja. Malah presentase tersebut pun masih tergolong besar. Keinginan secara pribadi dari sayapun tidak lebih dari itu.

Kin’emon


Kin’emon telah memakan buah iblis yang belum diketahui namanya. Tapi dari kekuatannya yang dapat memanipulasi pakaian seseorang, kita bisa berspekulasi bahwa namanya adalah Fuku Fuku no Mi (baju). Kin’emon sendiri sudah menemani perjalanan SHP sejak di Punk Hazard. Bahkan Luffy pernah mengajak Kin’emon bergabung (secara tidak langsung). Karena yang diajak bergabung hanya kakinya. Ini terjadi saat tubuh Kin’emon masih terpisah.
Sebagai pengguna pedang, Kin’emon akan melengkapi trio pengguna pedang SHP. Zoro pengguna tiga pedang, Brook pengguna satu pedang dan Kin’emon pengguna dua pedang. Selain itu, dia juga akan melengkapi tiro mesum SHP (Sanji – Brook – Kin’emon). Soal kekuatan, Kin’emon masih belum menunjukkan kekuatan penuhnya tapi kita tahu dia bisa menggunakan Busoshoku no Haki.
Karakterisitik Kin’emon yang konyol juga cukup masuk dengan karakteristik SHP. Kemungkinan Kin’emon bergabung juga masih belum banyak, terlebih nama buah iblisnya belum diketahui. Perannya pun masih dipertanyakan. Mungkin hanya sekitar 35% peluang Kin’emon bergabung. Secara pribadi, saya juga masih belum menemukan sesuatu yang spesial dari Kin’emon. Lagipula Kin’emon masih kurang keren dimata saya (setidaknya sampai saat ini). Keinginan saya agar Kin’emon bergabung hanya sebesar 25%.

Carrot


Diantara nama yang ada mungkin Carrot menjadi nama yang memiliki alasan teoritis paling minim untuk bergabung dengan SHP. Namun bukan berarti tidak mungkin, toh Odacchi suka memberi twist bagi para penggemarnya. Nama Carrot yang muncul dalam bursa pencalonan ini sedikit mengingatkan saya akan nama Monet yang dulu juga sempat muncul ke tengah-tengah bursa pencalonan dikalangan fans. Meski tidak memiliki alasan yang kuat, bahkan kita menganggap Monet sudah mati, tapi beberapa fans tetap menjadikannya kandidat. Kenapa? Menurut saya hanya satu alasannya. Monet itu menarik. Simple. Dan memang demikian adanya.
 Seperti halnya Monet, Carrot pun memiliki faktor yang sama. Semenjak kemunculannya, aura itu sudah cukup terasa. Carrot sangat tertarik dengan petualangan dan dunia diluar Zunisha. Sampai-sampai ia harus menyusup ke Thuosand Sunny saking inginnya melihat laut. Dan pada chapter 823, dimana Carrot menunjukkan batang hidungnya di Thousand Sunny, fans pun mulai yakin untuk menjadikannya kandidat Nakama baru SHP, tak terkecuali saya. Hashtag #CarrotForNakama / #Carrot4Nakama pun mulai menjadi viral saat itu.
Carrot tidak hanya menarik, ia juga kuat. Setidaknya Pedro pun mengakuinya bahwa Carrot lebih kuat diantara beberapa orang yang ada di tim Luffy. Masih ingat apa yang dilakukan Carrot saat Luffy memakan wortelnya? Sepertinya ucapan Pedro cukup beralasan. Dan sudah saatnya SHP menambah anggota perempuan. Carrot pun bisa menjadi pelengkap diantara Nami dan Robin dengan sifat kekanakannya. Karakternya juga cukup nyambung dengan SHP.
Ada kemungkinan (jika Carrot benar bergabung) Luffy tak akan mengundang Carrot secara langsung. Tapi sebaliknya, Carrot lah yang akan memintanya. Dan Luffy, ya.., mudah saja bagi dia mengiyakannya. Seperti halnya Robin yang menawarkan diri bergabung tanpa diundang terlebih dulu. Bila melihat alasan teorinya, kemungkinan Carrot bergabung memang masih kecil. Tapi secara pribadi, saya sangat ingin agar Carrot bergabung bersama SHP. Persentasenya mencapai 90%. #sakinginginnya #CarrotForNakama

Yup, perjalanan masih panjang tapi tak ada salahnya untuk berspekulasi berdasarkan analisa teori yang ada. Tidak ada yang tahu siapa yang akan menempati dua kursi tersisa di SHP. Mungkin satu nama muncul dari yang saya tulis disini. Mungkin juga karakter baru nanti. Atau mungkin karakter yang tak pernah diduga-duga oleh kita. Ada kemungkinan juga, satu anggota bergabung di Whole Cake Island. Siapa ya? Dan satu anggota lagi bergabung di Wano-Kuni. Bisa samurai, ninja, mink, dan lain-lain. Ya, kita lihat saja nanti. 

Catatan (edit setelah chapter 834 keluar):
       Sebagai tambahan sekaligus koreksi dan konfirmasi, setelah chapter 830, saya menaikkan presentase kemungkinan Jinbe bergabung menjadi 98% dan saya sangat setuju jika Jinbe bergabung dengan SHP. Alasannya bisa dibaca pada artikel Corat-Coret One Piece chapter 830 kesana. Malah sebaliknya, apalagi setelah chapter 834, nama Caesar Clown menjadi sangat tidak layak menjadi anggota SHP. Tentu saja, presentasenya Caesar bergabung mengecil. Dua chapter tersebut menunjukkan orang seperti apa yang layak jadi anggota SHP. Dan saya sedikit merasa bersalah karena di artikel ini menyebut presentase bergabung Caesar (secara pribadi) lebih besar daripada Jinbe. 

2 comments

Reza Azis February 6, 2017 at 9:25 AM Reply said... Reply

awcarrot si youtubers penuh sensasi :v

Unknown September 9, 2017 at 7:50 PM Reply said... Reply

Masak bounty crew> bounty wakil capt