Tuesday, October 21, 2014

10 Rekomendasi Film Horor untuk Halloween Kali Ini

Sekarang udah bulan oktober ya? Udah hampir memasuki minggu terakhir pula. Nah, konon katanya sih diluar negeri sana ada istilah yang disebut dengan ‘halloween’. Biasanya sih setiap tanggal 31 Oktober. Halloween sendiri apa, bisa searching sendiri lah, karena saya tidak akan membahasnya disini. Namun yang pasti halloween itu sendiri identik dengan nuansa horor. Dan untuk kali ini, saya cuma share beberapa film horor yang bisa jadi rekomendasi untuk menemani suasana halloween kali ini. Selain ‘Annabelle’ yang telah meneror di bioskop awal Oktober lalu, beberapa film dibawah rasanya bisa dijadikan pilihan dan layak dicoba.

Honorable mentions:
Triangle: Bukan pure genre horor, cenderung thriller malah. Tapi sangat direkomendasikan untuk yang ingin tontonan mencekam sekaligus bikin otak rada mikir.

1.          The Shining


Apapun genrenya, film-film Stanley Kubrick emang sudah tidak diragukan lagi kualitasnya. Dan untuk genre horor maka Kubrick punya The Shining (1980). Film ini berjalan dengan tempo yang terbilang lamban + durasinya yang lumayan lama memang berpotensi menimbulkan kebosanan. Tapi bersabarlah sampai teror itu muncul dan menimbulkan ketegangan yang semakin intens setiap detiknya.

2.        The Exorcist


The Exorcist (1973) adalah bagaimana sebuah horor supranatural tanpa kemunculan sosok hantu bekerja menghantui penontonnya. Bermain dengan tema pengusiran setan, kita bisa melihat bagaimana sosok gadis kecil bertransformasi menjadi sosok yang begitu menyeramkan. Disini pula kita diajak untuk melihat hal-hal mistis dari dua sisi yang berbeda.

3.        The Evil Dead


The Evil Dead itu klasik banget. Selain karena ini film jadul (1981), ceritanya juga klasik banget. Sekelompok remaja berlibur, tiba disebuah hutan kemudian mulailah teror yang menghantui itu muncul. Film ini juga pernah di-remake, jadi kalau ingin Evil Dead versi yang modern tengok aja filmnya yang rilis tahun 2013 lalu. Tapi biarpun begitu yang klasiknya sebenarnya jauh lebih oke.

4.        The Others


Saya suka sekali film ini. Aura film ini sudah mistis banget. Set rumah besar, tua, yang dihuni keluarga yang misterius. Walaupun katanya mirip The Sixthsense (1999) (oh, ya ini juga sangat recommended) tapi The Others (2001) juga punya sisi tersendiri buat saya. Film horor ini mempermainkan psikologis kita dan itu yang saya suka.

5.        Shaun of the Dead


Ingin sesuatu yang menegangkan, sedikit menyeramkan namun juga lucu disaat bersamaan. Maka Shaun of the Dead (2004) jawabannya. Sebuah film zombie yang digawangi trio Simon Pegg, Nick Frost dan Edgar Wright ini, memang menyajikan sebuah film zombie yang beda dari yang lain. Dengan kegilaan yang terjadi disini, moment halloween kali ini mungkin tidak akan terlalu menyeramkan.

6.        The Orphanage


Selain nuansa horor yang berhasil dibangun, The Orphanage (2007) juga sanggup mempermainkan emosi kita disaat bersamaan. Tidak hanya punya kualitas yang baik film ini juga punya twist yang keren banget. Very recommended.

7.         The Conjuring


Sebuah formula klasik di era modern. Temanya memang bukan barang baru, keluarga pindah ke rumah dan di rumah barunya itulah hal-hal mistis mulai bermunculan. Memanfaatkan element jump scare sebagai salah satu daya tariknya, The Conjuring sukses mencuri perhatian sekaligus menebar ketakutan tahun 2013 lalu.

8.        The Cabin in the Woods


The Cabin in the Woods adalah sebuah pesta horor lengkap dengan semua subgenrenya. Sekaligus sebuah kesenangan dimana kita bisa menemukan hal-hal mungkin atau rasanya pernah kita temukan dalam film-film horor sebelum ini. You think you know what story?

9.        Trick ‘r Treat


Salah satu istilah yang sering kita dengar disaat moment halloween. Dipakai judul oleh Michael Dougherty untuk sebuah tontonan horor yang mengangkat urban legend terkait halloween itu sendiri. Walaupun film ini langsung dirilis lewat DVD (tanpa tayang di bioskop terlebih dulu) tapi jangan tanya kualitas horornya.

10.     Halloween


Judulnya yang sudah sangat sesuai dengan tema dan moment-nya, Halloween (1978) karya John Carpenter ini memang tontonan wajib disaat moment halloween tiba. Termasuk salah satu horor klasik terbaik yang pernah ada.

Ya, itulah 10 (sepuluh) film yang saya rekomendasikan untuk ditonton dalam suasana halloween kali ini. Sebenarnya, masih banyak film-film horor bagus yang juga sangat direkomendasikan. Namun untuk kali ini saya hanya memilih sepuluh film saja. So, happy watching!

2 comments

arilexs November 11, 2014 at 10:23 PM Reply said... Reply

Insidious juga lumayan mencekam:D kalo ada rekomendasi film dengan genre lain ditunggu postingannya :D

Anonim November 12, 2014 at 8:53 AM Reply said... Reply

@arilexs:
Insidious juga lumayan, tapi saya lebih memilih The Conjuring. OK, ditunggu saja.