Friday, October 31, 2014

Soundtrack Cerpen: LDR (Lagu Buat Para Pemuja Rahasia)

Ok, jadi beberapa waktu lalu saya sempat nge-post sebuah cerpen (katanya sih cerpen) judulnya LDR (bisa dilihat disini). Namun LDR yang saya maksud disini bukanlah LDR (Long Distance Relationship) tapi yang saya maksud adalah ‘Loe Doang Relationship’. Istilah itu saya ambil dari salah satu dialog di film ‘Jomblo Keep Smile’ yang diperanin sama Kemal dan Kimberly Ryder. Jadi, waktu itu si Kemal lagi ngobrol sama Kimberly Ryder di sebuah club (kalo nggak salah). Kemudian dari obrolan tersebut tercetuslah sebuah istilah yang menurut saya itu menarik.
LDR alias ‘Loe Doang Relationship’ itu kayak memendam rasa ama seseorang, diam-diam suka, jadi secret admirer, terus ngerasa punya hubungan khusus ama seseorang padahal orang yang dimaksud gak punya perasaan apa-apa bahkan nggak tahu sama sekali kalau ada orang yang begitu mengaguminya. Jadi cuma si pengagum aja yang ngerasa punya relationship sementara yang dikaguminya nggak. Maka hubungannya jauh gitu. LDR kan? Hehe.
Dan yang pernah baca blog ini, pasti tahu kalau saya pernah buat cerpen judulnya ‘Aku, Kamu dan Hujan’. Dan uniknya, saya bikin puisi dari cerpen tersebut. Bukan hanya satu tapi tujuh puisi langsung saya buat. Isinya mendeskripsikan cerita cerpen tersebut dari sisi yang lain. Kurang lebih begitu. Nah, untuk cerpen ‘LDR’ saya tidak berencana membuat puisi lagi. Namun saya akan membuat sebuah list lagu yang temanya kurang lebih sama kayak cerpen tadi. Ya, itung-itung soundtrack-nya lah.

1.          Pemuja Rahasia (Sheila on 7)
Dari judulnya lagu ini sudah tak perlu diragukan lagi. Lagu yang diambil dari album ‘Pejantan Tangguh’ ini benar-benar bisa mewakili perasaan para pemuja rahasia. Dengan konsep lagu yang rada-rada ngerap (walaupun bukan pure rap), lirik-liriknya terdengar sangat lugas mengutarakan bagaimana rasanya + mirisnya jadi seorang pemuja rahasia. Yang hanya bisa menikmati keindahan seseorang dari sisi paling gelap dalam dirinya.

Mungkin kau takkan pernah tahu
Betapa mudahnya kau untuk dikagumi
Mungkin kau takkan pernah sadar
Betapa mudahnya kau untuk dicintai

2.         Secret Admirer (Mocca)
Nah, kalau lagu ini punya sisi yang berbeda. Bukan dari sudut pandang dari si pemuja melainkan dari objek si pemuja rahasia. Dan kalau katanya Mocca sih, ‘Secret Admirer’ itu annoying banget meski kadang ngangenin juga.


3.         Andai Dia Tahu (Kahitna)
Band yang digandrungi cewek-cewek ini memang jagonya bikin lirik manis melankolis. Meskipun secara musikalitas Kahitna bukanlah selera saya tapi saya tak bisa menampik kalau lagu ‘Andai Dia Tahu’ sangat cocok untuk post saya kali ini. Jadi pemuja rahasia itu emang nggak enak. Bisanya suma berandai-andai. Andai saja dia tahu. Andai saja dia tahu. Ya, andai saja dia tahu.

Andai dia tahu...

4.        Sewindu (Tulus)
Salah satu penyanyi Indonesia pria paling booming saat ini. Di album pertamanya yang berjudul ‘Tulus’, Tulus punya lagu yang lumayan nyesek buat para pemuja rahasia. Udah nunggu lama-lama, eh yang dikagumi justru nggak nyadar-nyadar. Ujung-ujungnya malah jadi sama orang lain. Sewindu? Tentu bukanlah waktu yang sebentar kan?


5.         Laki-laki Pemalu (Efek Rumah Kaca)
Pantes aja jadi pengagum rahasia, pemalu sih!


6.        Rahasia Hati (Nidji)
Namanya juga pemuja rahasia, ya hatinya pasti punya rahasia. Nidji bercerita sedikit tentang bagaimana usaha pemuja rahasia agar diketahui oleh objek yang dikaguminya. Pernah baca buku atau nonton film ‘5 cm’? Ya, kurang lebih gambarannya seperti itu.

Andai matamu melihat aku
Terungkap semua isi hatiku
Alam sadarku, Alam mimpiku
Semua milik mu
Andai kau tahu
Rahasia cintaku

7.         Cinta Dalam Hati (Ungu)
Zaman saya SMA, lagu ini lumayan terkenal dikalangan remaja. Apa lagi buat mereka yang punya cinta dalam hati. Lagu mellow kayak gini emang udah jadi trademark Ungu. Dengan lirik yang kental nuansa pemuja rahasianya, ‘Cinta Dalam Hati’ emang udah pas banget jadi soundtrack untuk yang LDR alias ‘Loe Doang Relationship’.



0 comments