Saturday, March 7, 2015

Karena ‘Rice Cooker’ Tidak Hanya Untuk Memasak Nasi Saja

Anak kosan memang mempunyai banyak keterbatasan. Keterbatasan ruang, keterbatasan uang dan berbagai keterbatasan lainnya. Tapi keterbatasan itu tidak lantas memberi ruang sempit bagi anak kosan untuk beraktivitas dan berkreativitas. Ya, buktinya dengan satu ruangan segede kamar tidur saja, kita bisa melakukan banyak hal. Dari bangun tidur sampai akhirnya tidur lagi, semuanya dilakukan di satu ruangan itu saja.
Selain ruang yang hanya segitu-gitunya, tidak banyak juga peralatan yang bisa dimiliki dan disimpan oleh anak kosan. Tak terkecuali peralatan memasak. Bagi sebagian besar anak kosan, rice cooker memang pilihan alat masak tepat yang wajib dimiliki. Selain cara pemakaiannya yang mudah, barangnya yang relatif tidak terlalu besar membuatnya tidak terlalu memakan banyak ruang.
Fungsi utama rice cooker adalah untuk memasak nasi dan menghangatkannya. Biasanya, kita-kita anak kosan memasak nasi sementara lauk pauknya dibeli dari luar. Hal itu memang lumrah, awal-awal nge-kost saya juga melakukan hal yang sama. Namun ternyata, semakin kesini saya mulai tahu bahwa rice cooker menyimpan sebuah rahasia. Konon katanya, selain memasak nasi, rice cooker juga bisa dipakai memasak yang lain. Contohnya masak air. Biar matang! LOL
Seperti yang saya bilang, bahwa anak kosan itu punya keterbatasan, namun itu bukanlah hambatan. Tak ada rotan akarpun jadi. Tak ada kompor dan peralatan masak lainnya, rice cooker pun bisa. Mungkin sudah banyak yang tahu juga bahwa rice cooker bisa digunakan untuk memasak makanan lain selain nasi. Sayapun tidak mau ketinggalan untuk mencobanya. Walaupun sejatinya saya tidak bisa memasak, tapi dengan sedikit usaha dan iseng-iseng mencoba, saya akhirnya bisa memasak makanan lain selain nasi lewat rice cooker. Walaupun hasilnya memang lebih sederhana bila dibanding makanan yang dimasak dari peralatan masak pada umumnya, tapi makanan versi rice cooker pun cukup layak untuk dinikmati.
Berikut adalah beberapa makanan yang telah saya masak lewat rice cooker. Yang belum pernah mungkin bisa mencobanya. Saya juga masih terus bereksperimen tentang makanan apa lagi yang bisa dimasak lewat rice cooker. Namun patut diingat juga, bahwasanya berkreasi boleh-boleh saja, tapi jangan terlalu over juga menggunakan rice cooker. Pada hakikatnya, fungsi rice cooker sudah jelas untuk apa. Jadi jangan gunakan rice cooker diluar batas kemampuannya. Bisa-bisa malah jadi rusak. So, this is it!

Telur
Dengan rice cooker kita bisa memasak berbagai varian telur seperti yang biasa kita masak. Mulai dari telur rebus, dadar, ceplok, orak-arik dsb. Teknik pembuatannya (baik rebus atau goreng) juga sederhana saja, seperti masak telur pada umumnya. Tapi biasanya, saya menggoreng telur di rice cooker tidak menggunakan minyak goreng melainkan margarin. Selain lebih sehat dan hemat, juga membuat panci rice cooker lebih mudah dibersihkan.


Mie Instan
Mie instan jadi makanan yang paling sering dimasak di rice cooker. Cara memasaknyapun sederhana dan relatif mudah. Apalagi dalam kemasan mie instan sudah ada petunjuk/cara memasaknya. Jadi, kita tinggal mengikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan sampai akhirnya bisa disajikan. Mie rebus atau mie goreng sama saja, hanya saja disini, medium kompor diganti dengan rice cooker. Ya, daripada beli mie diluar ternyata lebih mahal dan rasanya sama saja, mending masak sendiri kan?


Jelly
Awalnya terinspirasi dari seorang teman dan setelah saya coba sendiri, membuat jelly ternyata tidak terlalu sulit. Memasak jelly di rice cooker, sama halnya seperti memasak mie instan. Kita hanya tinggal mengikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan. Kalau sudah matang bisa langsung dimasukkan dalam cetakan atau kalau tidak ada masukkan saja pada wadah yang besar. Kalau sudah siap disantap, bisa ditambahin susu kental biar rasanya tambah seru.


Roti Bakar/Panggang
Pertama kali saya membuat roti bakar di rice cooker hanya iseng saja. Terus karena rasanya lumayan, akhirnya jadi ketagihan. Cara membuatnya juga cukup mudah. Kita tinggal menyiapkan bahan-bahannya. Roti sudah pasti, dia bahan utamanya. Bisa pakai roti tawar yang biasa atau roti sejenis lainnya. Isiannya bisa pakai cokelat, susu, keju atau apapun bahkan gula pasir saja sudah cukup. Dan jangan lupa siapkan margarin atau mentega.
Pertama-tama, olesi permukaan panci rice cooker dengan margarin. Panaskan panci dengan menekan tombol cook. Sembari menunggu, kita siapkan roti yang akan dipanggang. Olesi seluruh sisi permukaan roti dengan margarin, kemudian masukkan isian roti yang sudah disiapkan. Ketika panci rice cooker sudah panas, masukkan roti yang tadi. Tekan tombol cook lagi, jangan terlalu lama biar tidak terlalu gosong. Kemudian roti dibalik. Lakukan hal yang sama pada sisi lainnya. Tingkat kematangan sesuai selera saja. Roti bakar versi rice cooker yang sudah bisa disantap, rasanya tidak kalah koq sama yang dijual abang-abang dijalan-jalan. Bahkan lebih mantap karena yang membuatnya kita sendiri. Oh ya, selain roti bakar, pisang bakar juga bisa dibuat disini.


Kolak Pisang
Eksperimen saya pada rice cooker selanjutnya setelah roti bakar adalah kolak. Berbekal waktu KKN dulu pernah melihat teman membuat kolak untuk buka puasa (tapi bukan di rice cooker). Saya jadi punya sedikit gambaran tentang cara membuat kolak. Kolak yang saya buat pertama kali di rice cooker adalah kolak pisang. Karena bahan-bahannya memang mudah didapat. Begini cara membuatnya.
Bahan-bahan:
1.     3-5 buah pisang (atau sesuai selera), jenis pisangnya terserah.
2.     Gula merah / gula jawa.
3.     Gula pasir.
4.    Santan cair.
Cara membuat:
1.     Panaskan panci rice cooker.
2.    Masukkan air secukupnya. Tekan cook.
3.    Larutkan gula merah / gula jawa sambil sesekali diaduk.
4.   Sambil menunggu panas dan gula merah larut bersama air. Potong pisang yang telah disiapkan menjadi bagian-bagian kecil (sesuai selera).
5.   Setelah gula merah larut, masukkan gula pasir secukupnya. Aduk-aduk. Untuk yang suka dan biasa, bisa ditambah sedikit garam. Kalau saya tidak pernah.
6.  Setelah beberapa saat, masukkan potongan pisang ke dalam larutan gula tadi. Tunggu sampai warnanya agak sedikit berubah sambil sesekali diaduk.
7.    Masukkan santan cair. Aduk hingga merata.
8.    Setelah matang, matikan rice cooker.
9.    Dan kolak pisang versi rice cooker pun telah siap dihidangkan.


Pancake
Membuat pancake di rice cooker juga tidak sesulit yang dibayangkan. Kita hanya tinggal membeli adonan pancake instan di supermarket. Dan seperti makanan instan lainnya, kitapun hanya cukup mengikuti petunjuk yang tertera dalam kemasan. Tak sampai 5 (lima) menit, pancake ala rice cooker sudah bisa dihidangkan.



Nasi Goreng
Memasak nasi putih biasa di rice cooker sudah terlalu mainstream, biar sedikit berbeda, ternyata nasi goreng pun bisa dihasilkan dari sebuah rice cooker. Cara membuatnya sama saja seperti nasi goreng pada umumnya. Hanya saja (sepertinya) membuat nasi goreng dalam rice cooker jangan terlalu sering, karena nasi goreng lumayan meninggalkan bekas 'bandel' pada panci rice cooker.  



Sampai saat ini, baru 7 (tujuh) makanan diatas yang sempat saya coba buat pakai rice cooker. Sebenarnya masih ada lagi makanan-makanan yang bisa dimasak pakai rice cooker seperti sayur, sup, bubur dll. Tapi sampai post ini dibuat, saya belum mencobanya. Next time, mungkin. Nanti kalau sudah ada hasilnya, post ini saya update lagi.

13 comments

Wajiansyah S. August 29, 2015 at 8:27 PM Reply said... Reply

Kebetulan sy tinggal di ruang kos kecil
Terimakasih gan infonya
bisa dicoba nih
mabfaat sekali ilmunya.

Iim Ali Imron September 4, 2015 at 9:53 PM Reply said... Reply

@Wajiansyah S.: Sama-sama gan, hehe.
Syukur deh kalo post-nya bisa bermanfaat.

Anonymous said... Reply

Terimakasih ya..Sangat bermanfaat sekali infonya..��

Anonymous said... Reply

Pake Rice Cooker merk apa?

meddy hariansyah May 28, 2016 at 12:42 PM Reply said... Reply

Saya pernah bikin ager2, bubur kacang ijo, sama sayur asem haha fix habis baca postingan ini saya pengen bikin kolak pisang wkwk jadi anak kost emang menyenangkan

Iim Ali Imron May 30, 2016 at 2:14 AM Reply said... Reply

@meddy hariansyah:
Yoott! Hidup Anak Kost!

Lannie Marseli August 29, 2016 at 5:47 PM Reply said... Reply

jelly nya harus diaduk kan mba ya? gmn caranya ya rice cookernya kan harus ditutup saat "cook" ? help me

Iim Ali Imron August 30, 2016 at 2:57 AM Reply said... Reply

@Lannie Marseli:
Iya. Pas bagian ngaduk-ngaduk, tutupnya dibuka dulu sebentar, habis itu ditutup lagi. Diaduknya sesekali saja.
Satu lagi, sy bukan mbak-mbak. Lebih tepatnya mas-mas, hehe.

Anonymous said... Reply

Kalo masak telur dadar dan mie rebus tekan tombol cook atau warm gan?

Iim Ali Imron October 13, 2016 at 1:39 AM Reply said... Reply

Cook.

Nur Aini September 21, 2017 at 11:32 AM Reply said... Reply

Kalau menggoreng atau menumis didalam ricecooker emang gak rusak ya ricecookernya? Saya hanya berani buat makanan yang direbus aja. Seperti bubur, kolak dll.

Nur Aini September 21, 2017 at 11:33 AM Reply said... Reply

Kalau menggoreng atau menumis didalam ricecooker emang gak rusak ya ricecookernya? Saya hanya berani buat makanan yang direbus aja. Seperti bubur, kolak dll.

Iim Ali Imron September 22, 2017 at 2:03 PM Reply said... Reply

@Nur Aini:
kalo goreng yg berat2 sebaiknya jangan, yg ringan2 aja kayak telur dadar/ceplok, tapi itu juga jangan terlalu sering, krna emang pada dasarnya rice cooker bukan alat utk menggoreng