Thursday, June 25, 2015

Resensi Buku: Catatan Akhir Kuliah


Periode mengerjakan skripsi mungkin menjadi periode paling horor bagi para mahasiswa. Dan kadar horor menjadi semakin bertambah ketika teman-teman sejawat sudah lulus terlebih dahulu. Meninggalkan kita sendiri yang masih sibuk ngumpulin mood mengerjakan revisi. Meninggalkan kita sendiri yang masih sibuk ngumpulin keberanian menghadapi dosen pembimbing yang sudah lama tak dijumpai. Pengalaman seperti ini yang ingin dibagi Sam Maulana (@skripsit) dalam bukunya ‘Catatan Akhir Kuliah’ sebagai mahasiswa telat lulus yang skripsinya tak kunjung usai. Hampir sama lah sama saya. - saat ini -
‘Catatan Akhir Kuliah’ (yang tidak ada kaitannya sama sekali dengan ‘Catatan Akhir Sekolah’) menceritakan tentang pengalaman seseorang yang minta dipanggil Sam Maulana. Menyoroti lika-liku kehidupan kuliahnya, mulai dari awal bisa masuk kuliah sampai akhirnya lulus (ya, akhirnya ia lulus juga, begitupun kita kawan, iy-yy-aa kan?). Membagi cerita tentang masa-masa galau ketika duduk di bangku kuliah. Ketika ternyata pilihan jurusannya salah, skripsinya tak selesai-selesai dan kisah cintanya yang tak pernah berakhir dengan status pacaran.
Dalam buku setebal 234 halaman ini, penulis menyajikannya dengan bahasa yang santai. Malah teramat sangat santai. Adalah hal wajar bila penulis menggunakan bahasa yang sangat santai, selain supaya lebih dekat dengan anak-anak zaman sekarang. Penggunaan bahasa ini juga untuk menghindari kesan kaku agar penulis lebih mudah mengungkapkan isi pikirannya. Maklum, skripsi itu sudah terlalu ribet dengan bahasa formalnya, maka tak perlulah buku ini menjadi kaku dan formal seperti skripsi.
Membaca ‘Catatan Akhir Kuliah’ seperti sedang berkaca pada diri sendiri. Karena bagi mayoritas mahasiswa (apalagi mahasiswa lama yang tengah mengerjakan skripsi), problematika hidupnya pasti tidak akan jauh berbeda dengan apa yang diutarakan oleh penulis. Tak jarang pembaca pun mengiyakan dan mengangguk setuju tentang apa yang diungkap penulis disini. Baik saat menertawakan diri sendiri dalam kegalauan maupun saat beropini tentang kondisi perkuliahan dan pendidikan saat ini. Semuanya dikemas dengan ringan bersama selipan humor sekarep dewek penulis. Dominasi humornya pun tidak menutup unsur serius yang kadang dihadirkan lewat sisi yang lumayan intelek (maklum penulis sudah sarjana).
Selain sebagai sebuah lucu-lucuan, buku inipun tak lupa menyelipkan pesan motivasi yang bisa diambil dalam setiap babnya. Terutama buat para mahasiswa telat lulus agar sesegera mungkin menyelesaikan skripsinya.
‘Catatan Akhir Kuliah’ sendiri bisa dibilang sebagai kumpulan catatan harian atau memoar penulis selama ia kuliah. Pengalaman-pengalaman random-nya semasa kuliah diceritakan dengan random pula. Maka tak heran bila ‘Catatan Akhir Kuliah’ memiliki kesan tak konsisten dalam alur penceritaan (baca: loncat sini-sana). Tapi itu tidak bermasalah karena pada dasarnya buku ini memang ringan. Selama masih bisa dimengerti, itu tidak terlalu berarti.
Satu hal yang disayangkan dari ‘Catatan Akhir Kuliah’ adalah kisah cinta penulis yang coba dihadirkan disini. Sebenarnya sah-sah saja jika penulis ingin membagi kisah cintanya kepada para pembaca selama itu hanya bersifat mendukung isi cerita saja. Yang menjadi masalah adalah kisah cinta tersebut hampir merampok isi buku yang berjudul ‘Catatan Akhir Kuliah’ ini. Belum lagi saya  sudah teramat lelah dengan kisah cinta dari penulis Indonesia. Akibatnya adalah perasaan aneh dan rancu ketika di bagian akhir yang berjudul Catatan Akhir Kuliah penulis tiba-tiba menjadi motivator yang menerapkan kiat-kiat menyelesaikan skripsi. Tiba-tiba menjadi guru kehidupan yang menyampaikan petuah-petuah bijak. Hal yang sangat jauh berbeda ketika penulis membuka tulisannya pertama kali. Dengan kata lain, ada kesan tidak konsisten dalam cerita bila mengingat premis dan judulnya.
So, ‘Catatan Akhir Kuliah’ adalah buku santai dan ringan yang bisa dibaca siapapun, terutama mahasiswa telat lulus yang sedang berjuang mengerjakan skripsinya. Sebuah alternatif bacaan ketika bosan melihat BAB I PENDAHULUAN, BAB II KAJIAN PUSTAKA, BAB III METODOLOGI PENELITIAN, BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN dan BAB V KESIMPULAN DAN SARAN. Oh ya, buku ini juga sudah diadaptasi dalam film dengan judul yang sama. Filmnya akan rilis dalam waktu dekat ini.

0 comments